Dasar SEO untuk Blogger Pemula - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Dasar SEO untuk Blogger Pemula

Halo sobat Max Ikhsan, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT ya, Aamiin.

Pada dasarnya semua orang bisa menjadi seorang blogger, namun yang perlu diperhatikan adalah motivasi seseorang yang ingin mejadi blogger itu apa, apa hanya karena ingin coba - coba saja, apa karena ingin mencari penghasilan internet, atau memang hanya hobi saja membagikan pengalaman dan pengetahuan lewat tulisan pada blog.

Seorang blogger wajib hukumnya untuk mengetahui dan memahami tentang SEO, mungkin bagi blogger pemula masih asing dengan kata SEO. Tapi tenang ya sobat, kali ini saya akan berbagi dasar SEO untuk blogger pemula.


Teknik dasar SEO untuk pemula
Sumber gambar : Max ikhsan
Hal yang paling dasar dalam mengoptimalkan search engine (SEO) sebuah website atau blog adalah keyword. Keyword adalah istilah yang lumrah dalam dunia blogging atau jika di bahasa Indonesia kan yaitu bermakna kata kunci.

Kata kunci atau keyword pada blog banyak menentukan berbagai hal pada blog, dua diantaranya adalah bisa menambah jumlah pengunjung blog, dan bahkan membuat blog bisa selalu ada di page one atau di halaman pertama mesin pencari.

Oleh karena itu bagi sobat Max Ikhsan yang baru saja belajar menjadi seorang blogger wajib memperhatikan keyword, karena jika keyword kurang tepat, maka blog akan sepi pengunjung dan akan susah untuk masuk ke page one.

Dalam SEO (Search Engine Optimization) keyword merupakan kunci dalam menentukan trafik atau pengunjung dari mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain - lain.

Nah jadi jika sobat Max Ikhsan yang punya blog, dan blognya ingin banyak pengunjung, maka harus tepat dalam menentukan kata kunci ya.

Pertanyaan, "Bagaimana cara mengaplikasikan keyword pada blog?"

Jika dipelajari lebi dalam sebenarnya banyak cara untuk mengaplikasikan keyword pada blog. Namun dalam dasar SEO untuk pemula ini saya hanya akan memaparkan hal yang paling dasar saja ya.

Contoh penerapan keyword pada postingan blog, misalkan banyak orang mencari tentang "cara membuat donat". Nah sobat bisa menambahkan long tail keyword atau kata kunci yang panjang, misalkan "cara membuat donat manis dan lezat".

Dalam hal ini sobat bisa bereksperimen sebanyak mungkin, dan lihatlah hasilnya pada blog. Jika potingan sobat banyak yang membaca dan pengunjung blog meningkat maka experimen long tail keyword sobat berhasil.

Pertanyaan, "Apakah jelek bagi blog jika menggunakan short tail keyword atau kata kunci pendek?"

Sebenarnya tidak jelek, hanya saja persaingan kata kunci pendek pasti akan banyak, nah karena judul potingan ini dasar SEO untuk blogger pemula, maka saya sarankan sobat untuk menggunakan long tail keyword untuk mengurangi persaingan dan membuat blog sobat bisa mendapatkan banyak pengungjung.

Dibawah ini saya akan jelaskan secara sederhana beberapa dasar SEO bagi blogger pemula.

Dasar SEO untuk blogger pemula


Penerapan SEO sederhana pada blog bisa meningkatkan kualitas blog di mesin pencari seperti google. Jadi untuk sobat semua yang memang ingin blognya bisa teroptimasi dengan baik, maka wajib untuk menerapkan beberapa dasar SEO untuk blogger pemula ini.

1. Mendaftarkan blog ke google web master

Hal pertama yang wajib sobat lakukan ketika benar - berar ingin menjadi seorang blogger adalah mendaftarkan blog ke google webmaster atau google search console. Meski blogger.com atau blogspot adalah milik google dan secara otomatis akan terindex di mesin pencarian google, tapi akan lebih efektif jika sobat langusung saja mendaftarkanya.

Hal ini dimaksudkan agar blog sobat cepat terindex oleh mesin pencari, jika tidak di daftarkan pun sebenarnya akan terindex, hanya saja waktu pengindekan akan lama.

2. Melakukan SEO on page

Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam blog adalah optimasi SEO on page, atau jika di sederhanakan maka artinya sobat lakukan optimasi semaksimal mungkin pada blog sobat.

Caranya sobat optimalkan kata kunci seperti yang saya paparkan di pembukaan ya. Optimasikan gambar yang sobat upload dengan cara mengompres gambar agar memiliki ukuran sekecil mungkin, tapi tidak merubah kualitas gambar.

Hal penting lainnya adalah sobat coba membuat postingan dengan jumlah kata minimal 500 kata. Dari pengalaman saya nih sob, postingan yang dibawah 500 kata cukup sulit untuk tembus ke page one. Tapi sobat tak perlu khawatir karena di google banyak blog lain yang membahas tentang SEO secara detail, jadi kuncinya sobat jangan males ya.

3. Tentukan Keyword yang tepat

Hal ketiga yang perlu sobat perhatikan adalah kata kunci, sebagian besar informasi mengenai kata kunci atau keyword sudah saya jelaskan di atas ya sob. Nah sebagai informasi tambahan sobat bisa bereksperimen tentang keyword ini pada setiap postingan blog sobat. Jangan menyerah sampai sobat paham tentang keyword.

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini. Semoga sobat Max Ikhsan bisa menjadi blogger yang lebih hebat dari saya ya. Aamiin.
Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar