ECS G41T-TM Rev.1, Motherboard Socket 775 Handal Untuk Gaming? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

ECS G41T-TM Rev.1, Motherboard Socket 775 Handal Untuk Gaming?

ECS G41T-TM Rev.1

Hi sob, informasi tentang dunia teknologi memang tak ada habisnya ya. Seperti pada artikel kali ini saya akan membahas tentang salah satu motherboard yang sudah berumur dengan socket 775. 

Meski sobat mungkin kurang minat membaca artikel - artikel tentang teknologi, namun tentu saya berharap sobat mau membaca semua informasi yang bermanfaat karena akan menambah ilmu serta wawasan sobat sekalian ya.

Ok sob, jadi beberapa bulan yang lalu saya telah menjual PC saya yang pertama. Gak mahal kok cuma di jual Rp 2000.000 (dua juta) saja. 

Tapi yang bikin nyesek adalah PC itu sudah saya bangun dari tahun 2013 dan sampai akhir bulan februari 2020 saya total telah menghabiskan sekitar Rp. 9000.000 (sembilan juta).

Nah untuk alasan kenapa PC saya itu di jual adalah karena sebab the power of kepepet hehehe. So saya lepas saja dengan berharap dan berusaha untuk bisa membuat lagi PC baru dengan budget yang murah tapi bisa menghandle semua pekerjaan saya.

Nah akhirnya saya putuskan untuk membangun sebuah PC desktop lagi dengan budget yang seminimal mungkin namun memiliki performa yang tangguh tentunya. 

Akhirnya saya mencari dan mencari referensi dari berbagai website, video youtube dan bertanya pada beberapa teman. 

Akhirnya saya putuskan untuk membuat PC baru dengan perangkat yang jadul tapi memiliki kemampuan yang handal, kuat, dan awet tentunya. Ya, saya jatuh cinta pada sebuah spesifikasi dari intel yaitu processor Core 2 Quad Q8400 dengan socket LGA 775.
Baca juga : Processor Rp 120.000-an bisa apa?
Karena CPU yang saya beli memiliki socket LGA 775, maka saya juga harus membeli motherboard dengan socket LGA 775 untuk bisa menjalankan CPU tersebut. 

Sebelumnya saya sudah membeli sebuah motherboard LGA 775 dari online shop dengan chipset G41 dengan merk asus.

Namun karena si penjualnya tidak jujur, jadi ya saya kena tipu, sobat bisa baca penglaman saya di artikel ini : Kena tipu beli motherboard di olshop.

Setelah motherboard pertama yang saya beli tidak berjalan dengan normal, akhirnya saya mencoba membeli lagi satu motherboard socket 775 dengan chipset G41 dari salah satu online shop terbesar di Indonesia.

Alhamdulillah sellernya jujur dan saya membeli motherboard ECS G41T-TM Rev.1 dengan harga cuma Rp 180.000 saja. sebenarnya sedikit riskan dan beresiko jika kita membeli komponen dari online shoop, apalagi barang yang dibeli second. 

tapi karena Max ikhsan adalah seorang kere hore, jadi apapun resikonya dijalani saja hehehe.

ECS G41T-TM Rev.1 adalah motherboard dengan socket 775 yang sudah support CPU Core 2 DUO dan Core 2 Quad, chipset pada motherboard ini adalah G41, kapasitas RAM hanya 4GB DDR3 serta hanya memiliki 1x PCI Express x16, yang berarti saya hanya bisa memasang satu VGA saja.

Pada judul artikel ini saya sisipkan kata handal untuk gaming? 
Jika sobat berniat untuk membuat sebuah PC gaming maka saya sarankan untuk menggunakan part terbaru seperti AMD ryzen dan Intel Gen Coffe Lake. 

Namun jika sobat tidak memiliki budget untuk spek tersebut sobat bisa turun sedikit ke intel Core i5 3570 yang harganya kini cuma Rp 500.000-an saja.

Namun apabila sobat masih tetap ingin menekan budget sekecil mungkin, maka ECS G41T-TM Rev.1 ini bisa menjadi pilihan. Meski hanya support RAM 4GB dan belum mendukung PCI 3.0 tapi motherboard ini masih worth it untuk diajak bermain game dan editing ringan.

motherboard saya sendiri yaitu ECS G41T-TM Rev.1 memiliki bios seperti pada screen shoot di bawah ini :


ECS G41T-TM Rev.1


Kelebihan dari motherboard ini adalah meski kapasitas RAM hanya 4Gb, namun ketika menggunakan 8GB dual channel 4x2GB masih bisa berjalan normal. T
entunya support untuk CPU juga banyak, jika sobat memiliki opsi upgared ke CPU tertinggi seri Core 2 Quad seperti Q9550, Q9650, Xeon X5482 atau Core 2 Extream.

Namun perlu di catat bahwa processor seri tinggi core 2 quad dan xeon sebaiknya di tandem dengan moherboard yang lebih memiliki kompabilitas unggul, agar performa processor bisa keluar sepenuhnya.


ECS G41T-TM Rev.1

Dari review yang saya lakukan dan test beberapa game berat, motherboard ini sangat stabil. Saya test dengan game Motogp 2019, Generation Zero, dan Chaos sangat lancar pada setting low. 

Tentu jika sobat ingin mendapatkan performa yang lebih baik maka motherboard ECS G41T-TM Rev.1 ini bisa disandingkan dengan VGA GT 1030 atau RX 550.

Kalau game Esport seperti PUBG mobile, Free Fire, dan Mobile Legend mah lancar sangat. 

So saya bisa rekomendasikan motherboard ECS G41T-TM Rev.1 ini sebagai motherboard yang wort it untuk digunakan di kelas budget.

Namun dari pembahasan di atas, tak adil rasanya jika tidak menjelaskan kekurangan motherboard ini. ECS G41T-TM Rev.1 adalah motherboard yang tidak bisa melakukan overclock pada CPU. 

Sedangkan perlu sobat ketahui fitur overclock pada bios ini bisa membantu kita dalam menambah kinerja CPU agar bisa berjalan lebih kencang. 

Contohnya CPU yang saya gunakan adalah Core 2 Quad Q8400, processor atau CPU ini memiliki base clock speed 2,66GHZ

Jika motherboard ECS G41T-TM Rev.1 ini support untuk overclock, maka clock speed dari Core 2 Quad Q8400 bisa di tingkatkan sesuai kemampuan dan keseimbangan komponen lain. Bisa saja menjadi 3,0GHZ atau mungkin bisa sampai ke 4,0GHZ.

Selain tidak ada fitur overclock, motherboard ECS G41T-TM Rev.1
hanya memiliki slot expansi 1x PCI Express x16, 1x PCI Express x1, dan 2x PCI slot, sehingga hanya satu VGA saja yang bisa kita pakai. 


Hal lain yang mengganggu dari motherboard ini adalah slot 1x PCI  Express x1 nya terhalang oleh VGA jika kita menggunakan VGA card.

Jadi silahkan sobat putuskan sendiri apakah menurut sobat motherboard ECS G41T-TM Rev.1 ini wort it untuk kelas budget atau mungkin sobat punya referensi motherboard lain? kasih tau di komentar ya!

Ok sekian dulu artikel seputar motherboard ECS G41T-TM Rev.1 ini, semoga bermanfaat! Jika kamu suka dengan artikel ini silahkan di share ke sosial media kamu ya.
Baca juga artikel terbaru: Beli Laptop Viral
Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. cara update bios nya gimana bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. download aja bios terakhir dari ECS G41M nya bang, formatnya harus ROM, lalu masukan ke flashdisk, pada menu bios pilih flash bios, beres. Tapi kalau menemukan BIOS dengan format .file, maka tinggal rename saja dan ubah akhiranya menjadi .ROM

      Hapus
    2. boleh minta link biosnya bang soalnya pusing nyarinya

      Hapus
  2. bang bis buat tutorial abdet bios Motherboard G41T-TM menjadi G41T-M6...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini belum bisa bang karena mobo saya yang itu sudah rusak jadi untuk praktek dan ambil gambarnya agak susah. untuk biosnya saya sedang usahakann ya :) berhubung mobonya sudah rusak jadi BIOS nya saya hapus dan ganti dengan BIOS Asrock G41M-VS3. Insyaalah saya usahakan segera :)

      Hapus
  3. Baru tahu dari website ini, kalau G41-TM bisa diupdate BIOS jadi G41T-M6 dan bisa support dual channel hingga 8 GB. karena saya sendiri pengguna mobo ini, masih setia karena sy juga kere hore, agak skeptis dengan kenapa ram cuma bisa 4gb. eh ternyata karena saya kurang baca ternyata bisa di "upgrade" biar support 8Gb. Nice artikel.semoga author bisa ikut sharing tentang cara yang aman dan benar mengupdate BIOS terutama untuk mobo seri tersbut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tanpa update BIOS juga sudah bisa work 8GB dual channel gan, saya sendiri waktu itu pake proc Q8400 + Ram hyper-x 4x2 ddr3. lancar dan aman untuk main game dan rendering ringan. Hanya saja sekarang mobo itu sudah rusak akibat saya ganti pasta di North bidge dengan pasta murah. Alhasil mobonya malah matot. Btw thx sudah berkunjung dan baca artikel di blog sederhana ini :-)

      Hapus
  4. Kan ram nya bisa 8GB. Itu yang berapa Mhz ya? 1333Mhz bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya waktu itu pake DDR3 Hynix 1066Mhz, modif dikit pake cover hyper-x. agan bisa baca artikel saya "cara membuat ram gaming sendiri". tapi jalan di 433.3Mhz karena gak bisa OC. nah sekarang RAM tersebut saya pake di Asrock G41M-VS3, alhamdulilah bisa berjalan di 1156Mhz ditandem sama Xeon X5460. Jadi ECS G41T-TM bisa 2x4GB gan, hanya saja mungkin tergantung jenis memory nya.

      Hapus