Apa Domain my.id Bisa Diterima Adsense? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Apa Domain my.id Bisa Diterima Adsense?

max ikhsan
Halo sobat max, update post kali ini saya akan berbagi informasi seputar domain yang mungkin sekitar tahun lalu baru ada. Eh tapi mungkin saja domain ini sudah ada sejak lama, numan saya baru mengetahuinya tahun lalu.

Domain tersebut adalah domain .my.id. Domain ini termasuk TLD atau top level domain sob. Meski memilki sub domain, namun tentunya domain ni lebih baik bila dibandingkan dengan blogspot.com atau wordpress.com.

Contoh nih, sobat max ikhsan yang budiman memiliki blog dari blogger dengan nama domain siganteng.blogspot.com. Nah jika sobat max membeli domain .my.id, maka nama blog sobat akan berubah menjadi siganteng.my.id. Gimana, lebih keren bukan?

Memilki blog atau web dengan TLD (Top Level Domain) adalah menjadi keinginan setiap blogger. Mengapa demikian? berikut dibawah ini saya akan jelaskan beberapa keunggulan Top Level Domain (TLD) dibandingkan dengan blog yang menggunakan sub domain bawaan seperti blogspot.com dan atau wordpress.com.

 

Kelebihan Domain .my.id

1. Lebih Profesional

Lebih profesionla dengan domain.my.id

Bicara kualitas sebuah blog, tentunya tidak lepas dari nama domain blog dan juga artikel ayang ada di dalam blog tersebut. Sebuah blog akan lebih dipercaya dan lebih diminati banyak pembaca jika berdomain TLD seperti .com, .net, .id dan lain-lain. Namun tentu tidak semua blog yang ber-subdomain bawaan seperti blogspot.com dan wordpres.com itu jelek dan tidak berkualitas.

Saya sendiri melakukan beberapa risearch baik itu di google.com dan facebook. Hasil yang saya dapatkan cukup mengejutkan sob. Ketika saya mencari beberapa kata kunci mengenai blogging di google, ada beberapa blog dengan subdomain blogspot.com yang berada di halaman pertama google. Hal ini menandakan bahwa meski sebuah blog dengan subdomain bawaan seperti blogspot.com dan wordpress.com tidak bisa di bilang jelek karena mereka ada di page one halaman pencarian google.

Jika sebuah blog ada di halaman pertama pada search engine google, maka bisa dipastikan artikel pada blog tersebut banyak diminati pembaca.

Hal terbalik terjadi saat saya melakukan reaserch di facebook. Ketika ada sebuah postingan berupa artikel berita, dan tertera sumber artikel tersebut dari sebuah blog dengan domain.blogspot.com, kebanyakan orang berkomentar "jangan mudah percaya, lihat saja domainnya ge blogspot". 

Untuk saya pribadi tentu itu menjadi sebuah kode bahwa orang lebih percaya pada artikel yang memiliki domain TLD. Oleh karena itu saya sarankan sobat untuk membeli domain TLD (Top Level DOmain). Jangan takut soal harga, domain .my.id saja harganya hanya sekitar Rp.15.000 per tahun kok sob.

 

2. Lebih Mudah Terindex Mesin Pencari

Dari beberapa blog yang saya kelola, jujur sangat lebih mudah rasanya jika blog dengan domain TLD di index ke mesin pencarian. Proses nya terasa lebih cepat saja. Tapi tentu pendapat ini bisa di sanggah karena saya juga memiliki blog dengan subdomain blogspot.com. 

Blog dengan subdomain juga sama cepat terindex, hanya saja mungkin pihak google lebih mengutamanakan blog dengan Top level domain. Namun menurut saya kesimpulanya adalah mau itu blog dengan top level domain ataupun dengan sub domain, jika si pengelola bisa melakukan optimasi SEO dengan benar dan tepat, niscaya blog nya akan selalu ada di page one halaman pencarian.

 

3. Lebih Simple di Ketik

Pada dasarnya semua orang yang membuka sebuah blog tidak mau ribet dan selalu mau cepat, itulah mengapa optimasi kecepatan sebuah blog pada masa kini benar-benar harus di perhitungkan. 

Namun itu tentu akan saya bahas nanti di artikel yang berbeda ya sob. Berbicara mengenai kecepatan dan ketidak ribetan sebuah blog tentu sangat berpengaruh pada setiap orang. Contoh research yang saya lakukan adalah pada saat saya mengelola sebuah blog bernama kazeb.id.

Saat itu saya belum membeli domain .id dan masih menggunakan subdomain dari blogger yaitu blogspot.com. Ketika blog saya hanya baru berisi lima artikel, saya menyuruh teman saya untuk mencari blog tersebut. Namun ternyata teman saya bilang sangat ribet karena saat dicari kata kunci kazeb blog saya tidak muncul, setelah ditulis dengan subdomain maka baru muncul.

Berbeda dengan ketika saya sudah menggunakan domain TLD .id. Ketika saya suruh beberapa teman untuk membuka blog saya, mereka bilang ini jauh lebih simple. Dari sana saya paham bahwa domain sangat berpengaruh pada keinginan simple dari calon pembaca.

 

4. Bisa Mendaftar Adsense Non-Hosted

Poin ke empat yang akan saya bahas adalah blog dengan domain level tinggi bisa mendaftar ke gooole adsense non hosted. Dari beberapa blog yang saya kelola, yang paling mudah diterima adsense saat itu adalah dengan domain.id. 

Baca: Cara Membuat Subdomain Dari Domain .my.id

Untuk domain .my.id saya sendiri belum tahu apakah bisa atau tidak, ini sedang saya coba dan sobat doakan saja semoga bisa. Sehingga nanti ketika blog ini diterima adsense, saya akan membuat postingan lagi bahwa domain .my.id bisa diterima oleh google adsense.

 

5. Bisa Bersaing di SERP

Sangat terbukti bahwa domain my.id bisa bersaing di hasil pencarian google. Jika tidak percaya, silahkan Anda cara artikel dengan kata kunci "apa domain my id bisa diterima adsense" di google.

Saat Anda klik enter atau cari, maka Anda akan menemukan artikel ini. Itu menandakan bahwa domain my id ini memiliki power yang cukup baik untuk bisa bersaing di SERP selama optimasi yang dilakukan tidak berlebihan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya sob, dan Jangan lupa Komen, share dan subscribe chanel youtube max ikhsan.


Update

Di bawah ini adalah bukti bahwa blog dengan domain .my.id bisa diterima google AdSense, dan blog ini diterima pada tanggal 12 November 2020.

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. Ini ente pake domain .my.id udah keluar iklannya? Berarti bisa dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, sukses daftar adsense, artikel ini dibuat saat proses daftar adsense, alhamdulilah bisa diterima.

      Hapus
  2. wah hebat lu bang... mntap kamu.. tlong kunjungi situsku bg yA.. TOLONG BG . https://gayomugagak.my.id

    BalasHapus
  3. Sudah saya kunjung balik gan, semoga kita menjadi blogger sukses dan bisa menjadi pemberi informasi yang baik bagi orang lain.

    BalasHapus
  4. izin nyimak Warna dunia
    Numpang baca blog maxikhsan.my.id yang mataff share nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, alhamdulillah terima kasih sudah berkunjung ke blog ini mas.

      Hapus
  5. kak mau tanya, domain my.id kakak didaftarin di google search console ga? saya kok mau submit sitemap di google search console error ya?
    https://yukhealing.my.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daftarin search console biar lebih cepet ke indeks. Kalau soal sitemap, errornya bagaimana, biar saya bantu.

      Hapus
    2. "Tidak dapat mengambil peta situs"
      error nya gini kak pas submit sitemap / peta situs.

      Hapus
    3. Di blog ini ada artikel cara memasukan sitemap, dan cara mengatasi sitemap coulden't fetch. Silahkan cari dan ikuti itu dulu. Gunakan tool search di blog ini dan tulis dengan kata kunci sitemap, maka akan muncul artikel-artikel yang sedikit banyak bisa membantu.

      Hapus