Cara Membuat Sitemap di Google Search Console - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Membuat Sitemap di Google Search Console

 

Cara memasukan sitemap di search console

Update postingan kali ini saya akan membahas tentang cara memasukan sitemap pada google search console. Apa itu sitemap? Apa perlu sebuah blog memasukan sitemap kedalam google search console? Apa fungsi dari sitemap di search console?

Jika sobat telah membaca artikel tentang persiapan sebelum mendaftar blogger, dan telah melihat beberapa artikel yang terkait seperti cara membuat navigasi dan cara membuat artikel berkualitas, maka tahap selanjutnya adalah men-submit sitemap kedalam google search console.

Apa itu sitemap?

Kata Sitemap jika diterjemaahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti peta situs. Bila kita terjemahkan dalam bahasa yang berkaitan dengan blog, sitemap adalah peta yang menunjukan semua lokasi di blog kita.

Seperti halnya rumah yang memiliki banyak ruangan, blog juga memiliki banyak ruang yang harus diketahui oleh mesin google. Salah satu cara efektif untuk memberitahu mesin google agar mengetahui setiap sudut pada blog kita adalah dengan cara men-submit sitemap kedalam google search console.

Fungsi Sitemap 

Sitemap berfungsi untuk mengetahui URL yang ada dalam sebuah website atau blog. Selain itu sitemap juga berfungsi untuk mengetahui URL terbaru pada blog. Dengan men-submit sitemap kedalam google search console, maka kita membuat mesin google lebih mudah merayapi setiap URL yang terdaftar di blog.    

Semakin cepat mesin google merayap setiap URL pada blog, semakin cepat pula artikel yang ada pada blog terindex di mesin pencari.

Apa Blog Perlu Submit Sitemap?

Setiap blogger pasti ingin artikelnya dibaca oleh banyak orang, salah satu cara untuk menampilkan artikel yang telah kita tulis di mesin pencari adalah dengan cara men-submit sitemap dan melakukan inspeksi URL di google search console. 

Jika sobat tidak mensubmit sitemap dan melakukan inspeksi URL, maka artikel yang telah sobat buat tidak akan muncul di mesin pencari. Artikel akan terindex dengan waktu yang cukup lama bila tida melakukan memasukan sitemap kedalam google seacrh console.

Cara Submit Sitemap di Google Seacrh Console

1. Pertama sobat buka google search console
2. Setelah masuk, sobat masuk ke bagian peta situs (kotak merah)

Cara Membuat Sitemap Seacrh console

3. Submit kode dibawah ini satu persatu :
 /atom.xml
 /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
 /atom.xml?redirect=false
 /feeds/posts/default?orderby=updated
 /sitemap.xml
4. Masukan pada kolom URL sampai ada status sukses.

contoh memasukan sitemap di google search console

5. Jika status sudah sukses (warna hijau), artinya sitemap berhasil ditambahkan ke google search console.

Sitemap berperan penting dalam pengindekan artikel, selain itu sitemap memudahkan mesin telusur google untuk merayapi setiap URL di blog. Dengan men-submit sitemap pada search console, google akan lebih mudah mengenali blog sehingga artikel yang telah dibuat akan muncul di mesin pencarian.

Tidak men-submit sitemap pada search console memang akan tetap membuat artikel yang dibuat muncul. Namun proses index akan memakan waktu lebih lama, untuk hal ini saya tidak merekomendasikannya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika suka dengan artikel ini, sobat bisa bantu share ke taman-teman sobat. Wassalam. 

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar