Cara Menghubungkan Blog dengan Google Analiytics - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Menghubungkan Blog dengan Google Analiytics

 

Cara Menghubungkan Blog dengan Google Analiytics

Hola sob, update kali ini saya akan menjelaskan cara menghubungkan blog dengan google analytics. Jika sebelumnya sobat sudah membaca artikel "cara membuat sitemap di google search console", maka tahap selanjutnya adalah menghubungkan blog dengan google analytics.

Sama halnya seperti men-submit sitemap di google search console, menghubungkan blog dengan google analytics juga sangat penting.

Manfaatnya adalah kita bisa menganalisa kinerja blog secara realtime, serta memanfaatkan menu yang lebih banyak dibandingkan dengan google search console.

Pada setelan blogger, terdapat point ID Properti Google Analytics. Poin tersebut harus sobat isi agar mesin google lebih mudah dalam mencari blog sobat. Setelah itu isikan ID yang ada di google analytics ke blog sobat.

ID tersebut adalah identitas yang menghubungkan blog dalam google analytics, sehingga jika sobat ingin mendapatkan laporan secara terperinci lewat analisis yang akurat, maka sobat tidak usah khawatir dimana dan bagaimana cara melakukannya. Cukup membuka google analytics, maka sobat bisa menganalisa kinerja blog sobat secara realtime.

Dalam google analytics, kita bisa melihat berapa jumlah user (visitor) yang aktif, artikel mana yang mereka baca, dan dari mana mereka berasal. Jika dibandingkan dengan statistik yang ada di blogger, maka google analytics jauh lebih akurat dan lebih realtime. Oleh karena itu sangat penting menghubungkan blog dengan google analytics.

Cara Menghubungkan Blog dengan Google Analytics

Pertama sobat buka terlebih dulu google analytics, setelah masuk kurang lebih tampilannya seperti ini :

Cara Menghubungkan Blog dengan Google Analiytics

Pada gambar diatas, pilih menu admin (kotak merah). Klik menu tersebut lalu cari dan pilih info pelacakan :

Cara Menghubungkan Blog dengan Google Analiytics

Setelah itu pilih kode pelacakan, masukan ID pelacakan  ke blog sobat pada menu setelan > dasar > 
ID Properti Google Analytics. Kemudian copy script yang ada dibagian bawah ID pelacakan, lalu paste pada template blog.

Cara Menghubungkan Blog dengan Google Analiytics

Setelah berhasil memasukan ID pelacakan dan script ke dalam template, sobat tinggal coba klik bagian Kirim taffic percobaan. Jika blog sobat muncul maka artinya blog sudah terhubung dengan google analytics. 

Sebenarnya di dalam blog sudah disediakan menu statistik, namun laporan pada statistik blogger tidak realtime dan selengkap di google analytics. Oleh karena itu sobat perlu menghubungkan blog dengan google analytics agar bisa menganalisa performa blog secara signifikan.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika suka dengan artikel ini silahkan share ya! Wassalam.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar