Apakah Xeon X5460 di Tahun 2023 Masih Worth it? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Apakah Xeon X5460 di Tahun 2023 Masih Worth it?

Xeon X5460 2021
Sobat max, update posting kali ini saya akan berbagi mengenai sebuah processor jadul dari intel yaitu Xeon X5460. Processor segmen server ini di gadang-gadang memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan processor core 2 quad yang memiliki segmen (diperuntukan) khusus untuk desktop.

Sekerdar informasi saja nih sob, processor Xeon X5460 adalah processor yang sudah cukup tua. Processor ini di rilis pada tahun 2007, dan perkiraan penghentian produksi serta dukunganya sekitar tahun 2010. 

Pada masanya, processor ini merupakan versi CPU high end sob, namun peruntukan utamanya adalah untuk server dengan socket motherboard 771. Seiring berjalan waktu, processor ini berhasil di modifikasi agar bisa berjalan pada motherboard dengan socket 775, sehingga processor Xeon X5460 ini bisa digunakan sehari-hari di desktop kita.

Perlu sobat max ketahui nih, processor core 2 quad yang serinya cukup tinggi seperti core 2 quad Q9550 dan core 2 quad Q9650 merupakan processor segmen desktop high end sob. Namun banyak orang yang bilang bahwa processor Xeon X5460 lebih baik kinerjanya dibandingkan dengan core 2 quad Q9550, dan memiliki kemampuan yang hampir sama atau setara dengan core 2 quad Q9650.

Namun perlu digaris bawahi nih sobat max, apakah processor ini masih worth it digunakan di tahun 2023? 

Sebenarnya akan banyak pendapat mengenai hal ini, akan ada orang bilang lebih baik menggunakan hardware terbaru dengan alasan teknologinya sudah jauh lebih modern, ada juga yang akan berpendapat bahwa lebih baik memilih kompnen jadul seperti Xeon X5460 ini yang memiliki kemampuan tinggi dan harga lebih murah.

Ok sobat max ikhsan, biar adil saya tentu membuat sebuah reserach tentang perbandingan processor jadul seperti Xeon X5460 ini dengan processor yang lebih terkini seperti core i3, core i5, core i7 dan core i9.

Namun saya hanya akan membandingkan Xeon X5460 dengan core i5 generasi ke tiga dengan code name Ivy Bridge. So dibawah ini kalian bisa bandingkan sendiri hasilnya ya sob.

Xeon X5460 2020

Pada gambar diatas, saya sudah menggabungkan dua screenshoot spesifikasi kedau processor yang akan kita bandingkan sob. Untuk memudahkan penjelasanya juga, saya sudah menandai poin dengan kotak warna biru.

1. Harga

Bicara soal harga tentu setiap orang akan memiliki pendapat masing-masing, ada orang yang berpendapat bahwa lebih baik nabung terlebih dahulu lalu membeli processor terbaru, ada yang orang yang berkata bahwa lebih baik membeli processor jadul karena harga lebih murah nemun memiliki kemampuan hampir sama.

Sebenarnya kedua pendapat tersebut tidak salah sob, dengan alasan tertentu kedua pendapat itu bisa mejadi opsi bagi kita. Contoh kasus, sobat belum pernah merakit komputer dan memiliki keinginan untuk merakit PC sendiri. tapi, sobat terkendala dengan uang yang pas-pasan, lalu apa solusi terbaik untuk kasus tersebut?

Solusi yang paling tepat menurut saya adalah sobat membeli komponen jadul terlebih dahulu seperti processor Xeon X5460 salah satunya. Kenapa saya berpendapat demikian, alasan pertama adalah sobat ingin merakit komputer namun belum punya pengalaman, maka saya sarankan membeli processo Xeon X5460 yang memiliki harga variatif seperti gambar dibawah ini.

harga xeon x5460 2021
Jika melihat gambar diatas maka bisa kita simpulkan nih sob, harga processor Xeon X5460 ini sangat variatif alias tidak nentu. Ada pelapak yang menjual dengan harga dikisaran Rp.300.000, ada juga yang diatas Rp.500.000. Bila dirasa processor ini dianggap masih terlalu mahal maka saya sarankan sobat max bisa membeli processor core 2 duo seri 8000.

Jika sobat max yang memiliki uang lebih, maka saya sarankan untuk membi processor generasi terbaru. Loh kok? tadi katanya mending beli proc jadul seperti Xeon X5460, kenapa malah suruh beli processor terbaru juga.

Jadi begini sob, bukan saya gak konsisten ya, tapi perbandingan nomor dua dan tiga ini akan membuat sobat lebih memilih processor generasi terbaru.

2. Jumlah Core

Spesifikasi tertulis secara resmi di website ark.intel.com bahwa kedua processor ini memiliki jumlah core yang sama yaitu empat buah. Namun yang membedakan adalah kecepata processornya.

Xeon X5460 memiliki kecepatan 3.16 GHz, sedangkan core i5 3570 memiliki kecepatan 3.4 GHz dan bisa di overclock hingga 3.8 GHz. Apa Xeon X5460 bisa di overclock? Tentu saja bisa, namun ketahui hal berikut ini di poin nomer tiga.

3. TDP

Soal TDP Xeon X5460 kalah telak sob, Xeon X5460 memiliki TDP 120 Watt, sedangkan core i5 3570 hanya memiliki TDP 77 Watt saat full load. Pada processor Xeon X5460 yang memiliki TDP sebesar 120 watt saat full load maka suhu processor ini akan sangat panas, bahkan bisa menyentuh angka 70 derajat dan mungkin saja lebih. 

Oleh karena itu sobat max juga perlu memikirkan cooler yang cukup kuat untuk menopang Xeon X5460. Selain dari masalah suhu, processor dengan TDP 120 Watt juga termasuk boros listrik jika dibandingkan dengan processor generasi terbaru.

Core i5 3570 memiliki TDP sebesar 77 watt saat full load suhu rata-rata yang akan dihasilkan adalah 38 derajat sampai dengan 60 derajat bila di overclock, tentu itu tergantung cooler yang sobat gunakan ya. Selain itu kelebihan lain dari core i5 3570 adalah hemat daya karena memilki TDP hanya 77 watt saja.

Kesimpulan

Xeon X5460 di Tahun 2023 Masih Worth it? jelas masih worth it jika memang sobat ingin belajar merakit atau membuat perbandingan kompenen jadul dan generasi terbaru. Akan tetapi jika sobat memiliki uang lebih, dan ingin memiliki PC maka saya sarankan sobat ku yang budiman memilih komponen kekinian alias generasi terbaru.

Selain Xeon X5460 sudah cukup berumur, processor Xeon X5460 juga sudah tidak support dengan teknologi terbaru. Jika ingin  support pun maka sobat harus melakukan update BIOS pada motherboars sobat.

Sekian artikel tentang processor Xeon X5460 di Tahun 2023 Masih Worth it? Jika sobat memiliki pendapat atau pertanyaan silahkan sampaikan pada komentar ya!

Jangan lupa juga untuk subscribe channel youtube saya Max Ikhsan dan follow IG saja di @max_ikhsan.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar