Ekspektasi vs Realita Seorang Blogger - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Ekspektasi vs Realita Seorang Blogger

 

Ekspektasi VS Realita Seorang Blogger

Guys, update kali ini admin akan membahas tentang ekspektasi vs realita seorang blogger. Jadi bagi sobat yang mau menjadi seorang blogger seperti saya, maka baca terlebih dahulu artikel ini agar tidak menyesal.

Sob, pada dasarnya kebutuhan masyarakat akan informasi di era milenial ini sangat tinggi. Orang - orang biasanya mencari informasi dari beberapa flatform seperti televisi, webiste berita, video youtube dan artikel blog.

Akan tetapi persentasenya, kebanyakan masyarakat di Indonesia lebih suka melihat video dibandingkan dengan membaca artikel. Hal tersebut tentu berdampak buruk bagi blog karena tidak mendapatkan visitor.

Terlebih lagi ada sebuah kasus yang admin pelajari dari beberapa blog milik admin, dimana blog dengan kategori game dan software free download lebih banyak visitornya dibandingkan blog ini yang cendrung memiliki konten artikel saja.

Berbicara mengenai visitor blog tentu tidak akan lepas dari yang namanya SEO.  Menurut penelitian, orang yang mencari informasi di mesin pencarian google cendrung memilih website atau blog yang ada di halaman utama.

Sedangkan bagi blogger pemula, tentu tidaklah mudah untuk membuat artikel blognya berada di halaman pertama pada hasil pencarian. Selain belum menguasai SEO yang setiap waktu bisa berubah-ubah,  persaingan dengan website dan blog lain menjadi tantangan tersendiri.

Pada tahap ini saja, jika blogger tersebut memiliki ekspektasi yang tinggi, namun kenyatanya tak sesuai dengan yang diharapkan, maka pasti hal tersebut akan mematahkan semangatnya.

Nah jika sobat ingin menjadi blogger dengan ekspektasi yang tinggi, bahkan memiliki mimpi bisa menghasilkan uang dari blog, maka sobat harus buang kata patah semangat karena blog tidak memiliki visitor dan bahkan tidak ada di halaman pertama hasil pencarian.

Meski blog kita baru saja dibuat, namun tidak menutup kemungkinan blog kita bisa memiliki banyak visitor dan bisa bertengger di halaman pertama google. 

Bagaimana caranya?
Tentunya hal dasar tentang blogger haruslah kita kuasai terlebih dahulu, Forget about SEO, backlink dan lain sebagainya. Hal pertama yang sobat wajib bisa adalah mengindex artikel yang telah dibuat di google search console. 

Untuk pembahasan lebih jelas tentang cara mengindex artikel blog di mesin pencarian silahkan baca disini.

Logika kita sebagai seorang blogger pemula adalah kita belum memahami SEO, Keyword, backlink, dan lain sebagainya. Akan tetapi kita bisa membuat artikel tanpa SEO keyword dan backlink. 

Asumsikan seperti ini, Jika blog sobat memiliki 10 artikel dan berhasil mendatangkan  satu orang visitor dalam sehari, maka jika blog sobat memiliki 100 artikel, jumlah pengunjung perhari adalah 100 orang. Begitu pun dengan seterusnya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah meski sobat melupakan terlebih dahulu tentang SEO, keyword, backlink dan yang lainnya. tetap saja sobat harus membuat artikel yang berkualitas agar bisa membuat pengunjung merasa senang dan puas dengan artikel yang kita suguhkan.

Artikel berkualitas adalah yang bisa memberikan solusi secara singkat, padat dan terperinci. Untuk pembahasan mengenai artikel berkualitas, sobat bisa baca lebih lengkap disini.

Sangat tidak disarankan sobat untuk melakukan copy paste artikel, selain merugikan blog orang lain copy paste juga berdampak buruk bagi blog sobat, apalagi sampai terkena takedown oleh DMCA.

Selain itu, blogger yang menulis artikelnya secara original akan memiliki gaya tulisannya sendiri, berbeda dengan copy paste yang mengambil gaya bahasa dan tulisan orang lain. Ya iyalah, namanya juga copas.

Jadi sudah paham? lupakan dulu soal SEO onpage dan offpage, lupakan dulu soal backlink dan yang lainnya. Fokuslah membuat artikel unik yang memiliki berkualitas dan bisa membuat pengunjung merasa senang karena artikel yang kita buat bisa memberikan solusi bagi pembaca.

Oke satu ekspektasi blog memiliki banyak pengunjung akan tercapai jika sobat melakukan apa yang sudah admin bahas diatas. Selanjutnya adalah?

Terus Membuat Artikel Saja Tidak Cukup!

Jika tadi saya bilang sobat untuk melupakan terlebih dahulu tentang SEO, maka sekarang saatnya sobat untuk belajar tentang SEO.

Pada dasarnya SEO terbagi menjadi dua jenis yaitu SEO onpage dan SEO off page. SEO sangat berperan dalam perkembangan blog kita, semakin  baik dan jago dalam SEO, maka blog akan semakin merajai mesin pencarian google.

Lalu dari mana saya harus mulai belajar SEO?
Hal pertama yang harus sobat pelajari adalah SEO onpage, setelah itu baru masuk ke SEO offpage.

Salah satu contoh SEO onpage adalah sobat harus menggunakan template yang responsif, memiliki fast loading dan tentunya valid. Salah satu teknik SEO juga adalah tentang besaran size gambar yang diupload.

Semakin kecil size gambar yang diupload maka akan membuat blog semakin cepat loadingnya. Begitupun sebaliknya jika gambar dengan size basar diupload, maka kecepatan loading blog akan berkurang karena memakan banyak kuota untuk membuka gambar tersebut.

Pembahasan lengkap mengenai dasar SEO untuk pemula bisa sobat baca disini.

Oke jika sobat sudah belajar dasar SEO untuk blogger pemula, maka saya yakin ekspektasi sobat bisa tercapai.

Selanjutnya adalah pembahasan ekspektasi yang hampir semua blogger di dunia inginkan yaitu :

Menghasilkan Uang dari Internet  

Tidak dipungkiri bahwa kebanyakan blogger termasuk saya sendiri memiliki ekspektasi yang tinggi yaitu bisa mendapatkan income dari blog. Akan tetapi hal tersebut tidaklah mudah untuk diwujudkan, ada banyak tantangan dan hal-hal baru yang harus dipelajari agar ekspektasi tersebut bisa menjadi kenyataan.

Salah satu cara agar blog bisa menghasilkan uang adalah dengan cara memasang iklan adsense di blog. Untuk pembahasan lengkap cara mendaftarkan blog ke google adsense bisa sobat baca disini.

Apakah setelah diterima adsense kita bisa mendapatkan penghasilan?
Jawabanya adalah bisa iya dan bisa juga tidak.

Jika blog sobat memiliki banyak pengunjung bahakan sampai ribuan, maka peluang blog sobat memiliki penghasilan cukup besar. Akan tetapi jika blog sobat masih sepi pengunjung maka belum tentu bisa menghasilkan pendapatan meski sudah diterima adsense.

Contoh kasusnya adalah jika blog sobat memiliki 1000 pengunjung perhari, CPC iklan pada blog sobat adalah Rp.1000, jika 100 dari 1000 orang mengklik iklan maka penghasilan sobat dalam satu hari adalah Rp.100.000. 

Namun jika blog sobat hanya dikunjung satu visitor perhari maka kemungkinan mendapatkan penghasilan sangat kecil. Jika pengunjung tersebut melakukan klik iklan, maka penghasilan sobat adalah Rp.1000 perhari, tapi kalau dia tidak klik, nah makanya akan kita bahas lagi cara mendapatkan uang dari blog dari cara lain.

Cara mendapatkan uang dari blog tanpa adsense

Cara mendatangkan income lewat blog sangatlah banyak, salah satu cara yang sudah kita bahas adalah dengan memasang iklan google adsense. Namun terkadang ekspektasi dari memasang iklan tidak sesuai dengan harapan yang di dapat.

Cara paling efektif untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan berjualan. Jualanya apa saja, mari kita bahas?

Pertama adalah berjualan template blog, saat ini banyak sekali anak muda yang ingin sekedar menyalurkan hobi atau memang menggeluti dunia blog. jika kita pintar maka hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis.

Membuat template blog tidaklah mudah maka hal tersebut akan membuat banyak orang lebih memilih membeli template yang sudah jadi dari pada harus membuatnya sendiri. Namun perlu sobat catat, dalam hal ini kita akan menjual template blog, otomatis sobat harus bisa membuat blog dari Head sampai footer dengan bagus. 

Saya kan blogger pemula, apa bisa saya membuat blog?
Jika sobat tekun, bukan hal yang mustahi sobat bisa membuat template blog, beberapa orang yang blognya terkenal karena menjual template blog adalah mba arlina (arlinacode.com) dan mas sugeng (sugeng.id).

Apakah mereka langsung bisa membuat template, tentu tidak. Mereka pasti pernah melewati tahap belajar hingga akhirnya bisa membuat template dengan sempurna dan bisa dijual di blog mereka.

Dengan melihat hal tersebut maka sobat bisa termotivasi untuk terus belajar dan menggali lebh dalam soal ilmu membuat template.

Cara kedua adalah afiliasi dengan orang lain, contoh sobat bekerja sama dengan salah satu perusahaan smartphone, ketika sobat berhasil mejual satu unit smartphone, maka sobat juga akan mendapatkan pendapatan dari kontrak affiliasi tersebut.

Besaran nilai pendapatan tidak bisa ditentukan karena itu harus melalui tahap negosiasi hingga akhirnya mencapai kesepakatan.

Cara yang ketiga agar blog sobat bisa mendatangkan penghasilan tanpa google adsense adalah dengan menjual slot iklan. Blog yang memiliki visitor 100.000 perhari mungkin akan lebih efektif jika melakukan hal ini.

Bagaimana kalau blog saya hanya memiliki pengunjung 1000 perhari?
Itu tidak masalah, angka 100.000 yang saya tulis bukanlah patokan ya sob, meski blog sobat hanya memiliki visitor 100 orang perhari, hal tersebut tidak menjadi halangan untuk membuat slot iklan untuk dijual.

Jika 100 visitor tersebut adalah real human dan tampilan blog bagus, tidak menutup kemungkinan ada orang yang tertarik untuk memasang iklan di blog sobat. Namun agar lebih efektif, saya sarankan jika blog sobat sudah memiliki banyak visitor barulah sobat membuat slot iklan untuk dijual.

Memang jika melihat para blogger yang telah sukses, maka kita akan langsung tergiur dan pasti ingin menjadi sorang blogger. Namun perlu sobat catat, terkadang expektasi VS realita seorang blogger sangatlah berbeda.

Jika sobat tekun, maka pekerjaan yang telah dilakoni pasti akan membuahkan hasil, jika sobat hanya berekspektasi lalu realitanya tidak sesuai harapan, maka sobat akan menyerah dan meninggalkannya.

Oleh karena itu jika sobat ingin menjadi seorang blogger, tanamkan rasa ingin berbagi informasi dan ilmu yang dimiliki, percayalah apapun yang kita kerjakan selama hal itu baik pasti akan mendatangkan keuntungan.

Jangan sekali-sekali ingin secepat mungkin mendapatkan penghasilan dari modal menjadi seorang blogger. Bagi sebagian orang hal itu bisa terjadi, namun saya artikan orang tersebut beruntung.


Sebagian orang lagi harus bekerja keras terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Intinya sobat berusaha terlebih dahulu menjadi seorang penulis yang baik, Belajar dan kuasai SEO, bangun pertemanan dengan blogger lain agar bisa mendapatkan backlink, dan yang terakhr jangan pernah menyerah.

Semoga artikel ini bermanfat, jika sobat suka silahkan share artikel ini agar orang lain bisa ikut paham tentang ekspektasi vs realita menjadi seorang blogger. 

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. jadi inget saya yang dulu

    mikir kalau dapet duit dari blog itu mudah, ternyata tidak semudah yang dibayangkan ;3

    sampe sekarangpun blm pernah payout adsense dari thn 2017

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan, saya pun membuat blog ini tahun 2020. Dan sampai saat ini belum pernah merasakan gajian dari AdSense. Tapi Alhamdulillah saya pernah merasakan penghasilan dari blog ini lewat jualan subscribe YouTube.
      Semoga para blogger dimudahkan segala urusannya oleh Allah SWT dan bisa menjadi orang sukses. Aaminn 🤲

      Hapus