Worth it kah ASRock G41M-VS3 di 2023? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Worth it kah ASRock G41M-VS3 di 2023?

cara overclock asrock g41m-vs3

Jadi gini sob, ceritanya admin itu pecinta processor jadul dengan socket 775. Tapi cinta nya itu karena kepaksa karena belum sanggup membangun PC baru dengan hardware kekinian seperti processor AMD Ryzen yang menggunakan socket AM4 atau Intel seri terbaru saat ini yang menggunakan 1200.

Namun meski hardware jadul dengan socket 775 pun tak masalah bagi saya karena 
memang saya suka ngerakit PC. Nah alasan saya membuat artikel ini karena ingin berbagi pengalaman gimana sih rasanya menggunakan hardware jadul yang rilis sekitar 10 tahun yang lalu.

Awal mula beli motherboard Asrock G41M-VS3 ini karena ada sebuah kejadian yang cukup bikin saya bingung sob. Jadi dulu saya pernah membeli motherboard build-up dengan merek ECS yang pernah saya review juga. 

Motherboard tersebut terbilang masih bagus karena secara fisik terlihat mulus dan saat pengetesan juga tidak ada kendala. Akan tetapi sekitar dua bulan yang lalu  dari artikel ini ditulis, saya mendaptakan kejadian agak aneh di board saya tersebut.

Sepulang kerja seperti biasa saya bersiap membuat artikel di blog saya ini. Tapi ketika dinyalakan, PC saya tidak merespon sama sekali. Saya ulang beberapa kali pencet tombol power masih saja tidak nyala.

Akhirnya saya putuskan untuk cek secara fisik tanpa buka kesing. Alangkah terkejutnya saya ketika menemukan board saya basah, bahkan VGA pun ikut basah. Setelah saya bongkar akhirnya ketemu deh masalahnya.

Kalau penasaran apa penyebabnya, sobat bisa baca disini.

Pada akhirnya saya cuma bisa tepok jidat karena belum punya uang buat beli board lagi. Bahkan apalagi jika harus build PC baru yang pasti bakalan ngabisin budget gede. Sedih amat nih blogger keree hik hik hik... :(

Karena kebutuhan buat nulis artikel di blog ini, akhirnya saya cari-cari motherboard dengan socket 775 yang asal jalan dan masih bagus. Gak peduli merk atau fitur-fiturnya, yang penting ngankat buat Core 2 Quad Q8400.

Akhirnya nemuin salah satu toko yang ngejual mobo chipset G41 socekt 775 dengan harga Rp.195.000. Berhubung budget buat rokok pas-pasan, akhirnya nyari gratis ongkir deh. Saya kira saya bakalan di kasih board merk amptron atau soyo karena memang budgetnya yang tipis. Namun ketika sampe rumah ternyata yang dateng Asrock G41M-VS3.

Awalnya sih ragu ini motherboard jalan atau enggak, soalnya udah berlumut, dan bagian belakang I/O nya karatan banget. Selain itu, heatsink northbirdge nya itu agak susah muat sama heatpipe processor mid tower. 

Yah secara terpaksa karena memang harus ngetes ini motherboard jalan atau enggak, otomatis saya harus pasang processor beserta heatpipe, yang berarti saya harus matahin salah satu panel heatsink northbridge di motherboardnya supaya heatsink CPU bisa masuk.

Dengan rasa cemas saya tes mobo ini, dan benar saja, ketika saya tandemin dengan processor Core 2 Quad Q8400 + RAM 8GB, motherboard nyala tapi gak nampil sama sekali.

Bingung sendiri akhirnya, karena kalau misalkan ini mobo gak jalan, otomatis saya gak bisa claim garansi karena ada bagian heatsink northbridge yang saya patahin. Setelah tau mobo nyala tapi gak nampil saya coba pasang VGA, masih tetap gak nyala, saya coba VGA onboard juga masih tetap gak nyala.

Akhirnya saya tanyain ke seller apa ini mobo udh di update bios apa belum, ternyata kata dia belum di update bios. Dan untuk kedua kalinya saya tepok jidat, gimana caranya coba saya bisa update bios kalau PC nya gak ngangkat, masuk ke bios saja enggak.

Setelah berfikir agak lama akhirnya ada solusi, saya inget punya proci Core 2 Duo E8600. Saya pasang ke mobonya dan alhamdulilah bisa masuk ke bios sampe selesaikan update bios.

Setelah semua beres saya pasangkan lagi processor Core 2 Quad Q8400 nya, akhirnya bisa nyala seperti yang diharapkan. 

Untuk performa motherboard ASRock G41M-VS3 ini tak perlu diragukan sob, saya sendiri sudah merasakan enaknya pake mobo ini. Selain motherboard ini bukan build-up, fitur-fitur di biosnya itu bakalan bikin processor dan ram yang digunakan bisa bekerja secara optimal.

Salah satu fitur yang saya suka dari motherboard ASRock G41M-VS3 ini adalah fitur overclock Processor dan RAM. Pada motherboard sebelumnya yaitu ECS G41M-TM Rev.01, processor Core 2 Quad saya hanya bisa berjalan secara default di kecepatan 2,6 GHz.

Sedangkan dengan motherboard ASRock G41M-VS3 yang saya gunakan saat ini, Processor Core 2 Quad Q8400 yang ditandemkan dengan RAM Kingstoon Hyper-X 8GB bisa berjalan di kecepatan 2,9 GHz, dan lolos tes main banyak game tanpa leg atau crash.

Jadi pertanyaannya adalah apakah Motherboard ASRock G41M-VS3 ini masih worth it di tahun 2023?

Jawaban sekaligus kesimpulannya adalah Ya, ASRock G41M-VS3 ini masih worth it untuk digunakan di 2023 namun dengan catatan jika sobat udah kebelet banget pengen ngerakit PC untuk main game-game ringan seperti PES 2017, Crysis, MotoGP17, PUBG lite, PUBG mobile, Free fire dan game ringan lainnya.

Akan tetapi jika sobat menginginkan kinerja yang lebih tinggi maka saya sarankan jangan membeli hardware jadul. Mending ngumpulin uang dulu lalu rakit PC impian kalian. Teknologi terbaru pada hardware anyar jauh lebih canggih dibandingkan dengan hardware jadul.

Tentunya kita semua ingin bisa menikmati teknologi terbaru di dunia komputer seperti teknologi SSD, SSD SATA, SSD NVME yang memiliki kecepatan jauh belipat-lipat jika dibandinghkan dengan hardisk.

Teknologi VGA GDDR5 dan GDDR6 yang memiliki kecepatan jauh diatas VGA DDR2. Kecepatan RAM DDR4 yang memiliki frekuensi jauh diatas DDR3. Serta TDP rendah pada processor yang tidak akan membuat tagihan PLN membengkak.

Beberapa teknologi terbaru yang saya tulis diatas hanya beberapa saja. Setiap vendor baik AMD atau INTEL memiliki teknologi cangih masing-masing.

Jadi buat sobat yang ingin merakit PC, saya kembalikan lagi ke kalian. kalau udah kebelet pengen banget main game GTA5, ya budget Rp.700.000 s/d Rp.1000.000 udah bisa ngebuild PC gaming juga. Namun jelas speknya kentang yang jelas gak akan sanggup ngangkat game-game terbaru dengan grafik super mantap.

Kalau sobat adalah konten kereator, maka saya sarangkan sobat untuk membuaild PC dengan chipset terbaru, ya minimal B450 yang udah support processor ryzen dan fitur overclock tentunya.

Namun itu semua admin kembalikan ke sobat semua ya, karena dalam membangun PC itu tidak semua orang memiliki selera yang sama. Saya sendiri sekarang menggunakan PC jadul yaitu processor Core 2 Quad Q8400, motherboard ASRock G41M-VS3, VGA Radeon HD 6670 1GB DDR3 128bit, dan RAM 8GB DDR3.

Padahal PC impian admin adalah Ryzen 7 seri terbaru, mobonya ASRock B450M Steel Legend, RAM 64GB DDR4 dan VGA RTX 2020. Haha ngiler euy. Doakan saja semoga admin dan sobat yang baca segera bisa membangun PC impiannya, Aamiin.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika suka dengan artikel ini silahkan dishare, dan komen saja jika ada yang ingin ditanyakan. Kalau berkenan, sobat juga bisa bantu admin dengan cara SUBSCRIBE channel Max Ikhsan, batu saya untuk mencapai 1000 Subscribe ya.  

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar