Arti Jiga Cai Dina Daun Taleus - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Arti Jiga Cai Dina Daun Taleus

jiga cai dina daun taleus

Dalam bahasa sunda sangatlah banyak pribahasa yang menggambarkan sebuah kejadian, sifat, atau hal lainnya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas sebuah pribahasa sunda yang jarang kita dengar namun memiliki arti yang mendalam.

Jika kamu adalah orang sunda, dan pernah berperilaku boros dalam hal keuangan, maka saya yakin kamu pernah mendengar atau dinasehati oleh orang tua kamu dengan kata jiga cai dina daun taleus.

Ayo kita bahas!

Orang sunda memiliki bahasa yang kuat dan sampai saat ini masih dipertahankan kelestarianya. Itu sebabnya jika kamu adalah warga Jawa Barat, maka di sekolah kamu pasti diajarkan bahasa sunda.

Salah satu pribahasa yang mungkin pernah kamu dengar adalah jiga cai dina daun taleus. Pribahasa ini jika diartikan kedalam bahasa Indonesia maka berbunyi mirip air diatas daun talas.

Namun arti seusungghnya dari pribasaha ini adalah "menggambarkan sifat seseorang yang boros dalam hal keuangan". Mari kita bahas lebih dalam lagi.

Jika diteliti secara sekilas dan mungkin kamu juga pernah melihat daun talas yang terkena tetesan air, apakah air tersebut membasahi daunya, atau tembus menyerap kedalam daunya?

Sebagian besar air, saat berada diatas daun talas maka akan membentuk bola air karena air tidak bisa menembus kedalam daun talas, dan air yang ada diatas daun talas tersebut sangat cepat turun ke tanah.

Hal tersebut bisa menggambarkan seseorang yang boros atau tidak bisa memanage uang karena memiliki sifat boros.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar