Bagaimana Air Flow Yang Baik dan Benar Untuk Komputer? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Bagaimana Air Flow Yang Baik dan Benar Untuk Komputer?

komputer air flow

Air flow atau sirkulasi udara pada perangkat komputer memiliki peranan penting. Hembusan udara yang menjadi angin akan mengenai setiap perangkat komputer yang ada dalam kesing, sehingga memungkinkan panas dari setiap perangkat akan terbuang keluar melalui sirkulasi udara tersebut.

Nah untuk membuat sirkulasi udara yang benar pada komputer, maka ada baiknya anda ikuti panduan ini, dan baca secara terperinci setiap pembahasannya.

Apa Itu Air Flow  Pada Komputer?

Air flow pada perangkat komputer adalah sirkulasi atau aliran udara yang sengaja diarahkan dengan mengguanakn kipas (fan) yang difungsikan untuk membuat angin agar meniup tepat pada perangkat komputer yang sudah terpasang dalam kesing.

Kegunaan air flow pada perangkat komputer adalah untuk mendinginkan setiap part yang mengeluarkan panas. Salah satu contoh part atau hardware pada komputer yang mengeluarkan panas adalah processor.

Nah untuk mendinginkan suhu processor, maka dibutuhkan fan yang sudah di design khusuh untuk processor, atau yang biasa kita sebut dengan HSF, hetasink, atau CPU Coller.

Namun HSF hanya difungsikan untuk processor saja, sedangkan Motherboard, RAM, VGA dan Hard Disk juga mengeluarkan panas. Nah untuk mendinginkan setiap part tersebut, maka air flow bisa menjadi solusinya.

Cara Membuat Air Flow Yang Benar 

Sebenarnya sebagian pengguna komputer tidak terlalu mementingkan air flow pada komputernya, namun sebagian orang justru sangat memntingkan air flow karena bisa membuat komputer lebih dingin dan awet.

Lalu bagaimana cara membuat air flow yang baik untuk komputer?

Pada umumnya, sirkulasi udara pada komputer bekerja dengan cara menyedot udara dari depan dan diarahkan kedalam kesing, kemudian udara panas yang ada dalam kesing dibuang melalui bagian belakang kesing.

Proses penyedotan udara tersebut pada umumnya menggunakan fan atau kipas dengan berbagai ukuran. Namun yang paling sering digunakan pada umumnya adalah Fan dengan ukuran 12 cm.

Lihat gambar dibawah ini!

air flow komputer

Jika anda perhatikan dengan seksama, maka anda akan melihat 5 fan ukuran 12 cm yang 3 buah disimpan dibagian depan, 1 diatas dan 1 di belakang. Jika anda melihat lebih detail lagi, maka anda juga akan melihat fan dari cooler heatpipe serta fan VGA.

Ayo kita bahas lebih mendalam lagi!

3 fan yang ada dibagian depan difungsikan untuk menyedot udara dari luar ke dalam kesing, tujuannya adalah untuk menarik udara dingin dari luar agar masuk kedalam kesing dan menggantikan udara panas yang dihasilkan oleh hardware komputer.

1 fan diatas pun fungsi utamanya adalah sama, yaitu menarik udara dingin dari atas secara langung yang diarahkan kedalam kesing. Tujuannya pun sama yaitu untuk mengganti udara panas dalam kesing.

1 fan atau kipas dibagian belakang berfungsi mengeluarkan udara panas dalam kesing agar udara dingin yang datang dari depan dan atas menjadi lebih maximal sirkulasinya.

Nah itu adalah penjelasan sederhananya saja. Sedangkan untuk detail proses pendinginan hardware atau part yang ada dalam kesing sebenarnya belum dibahas.

Ok langsung saja kita bahas, 3 fan yang ada didepan berfungsi menarik udara dingin dari luar dan langsung diarahkan kedalam agar mengenai semua komponen dalam kesing seperti Motherboard, RAM, VGA, Hard Disk, bahkan power supply.

Sedikit besar hal ini sangat bermanfaat untuk keawetan komputer, karena selain udara dingin dari depan tersebut mengenai komponen yang panas secara langsung, udara dingin tersebut juga akan meniup udara panas yang dikeluarkan oleh CPU cooler dan heatsink north bridge/south bridge.

1 fan diatas berfungsi untuk menarik udara dingin dari atas secara langsung dan mengarah pada RAM serta motherboard. Tujuannya lengkapnya adalah untuk membuat suhu RAM tetap stabil, serta suhu VRM pada motherboard juga tetap stabil.

1 Fan dibelakang sebenarnya fungsinya sama yaitu untuk membuang semua panas yang ada dalam kesing agar keluar dengan sempurna.

Nah jadi untuk pemasangan air flow yang benar maka anda bisa memasang 3 fan didepan yang diarahkan langsung ke dalam, 2 fan diatas dan arahkan langsung kedalam, dan 1 fan dibelakang diarahkan kebelakang untuk pembuangan udara panasnya.

Untuk menghindari debu yang tersedot oleh fan sebenarnya cukup mudah, anda tinggal membeli dust filter yang saat ini sudah banyak dijual di online shop, dan saat ini hampir setiap brand kesing sudah memberikan dust filter pada setiap slot fan. Itu artinya anda tidak perlu khawatir tentang masalah debu ini.

Apakah Air Flow Wajib Pada Setiap Komputer?

Sebenarya itu tergantung pemilik komputernya sendiri, namun untuk saya yang menggunakan CPU Xeon X5460 tentu air flow sangat diperhatikan karena CPU yang saya gunakan ini memiliki TDP cukup besar yaitu 120 watt.

Processor dengan TDP sebesar itu meski tidak di overclock sekalipun tetap akan panas, sedangkan saya melakukan overclock pada CPU ini agar memiliki performa lebih tinggi lagi.

Jadi sebenarnya untuk urusan air flow pada komputer ini bisa dikebalikan kepada setiap pribadi orangnya. Mau menggunakan air flow yang bagus ya bagus, mau menggunakan pending CPU saja juga ya tidak masalah karena itu haknya.

Namun tentu saran saya adalah tetap perhatikan sirkulasi udara pada komputer jika ingin awet. Karena apabila komputer pernah masuk ke fase overheat, maka besar kemungkinan akan ada part yang rusak akibat terbakar.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar