Cara Atasi Bom Klik Iklan AdSense di Blog - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Atasi Bom Klik Iklan AdSense di Blog

atasi bom klik iklan

Apabila anda adalah seorang blogger yang sudah berhasil menjadi publisher Google AdSense, maka anda bisa saja bertemu dengan sebuah masalah yang sangat serius, dan Masalah tersebut adalah adanya bom klik pada iklan AdSense.

Bom klik pada iklan Google AdSense tentu sangat berbahaya untuk akun AdSense anda, karena pihak Google AdSense akan menganggap itu adalah klik iklan spam yang dilakukan secara sengaja dan ilegal. Tentunya hal ini sangat dihindari oleh semua publisher AdSense karena hal tersebut akan berdampak buruk pada akun Google AdSense dan blog itu sendiri.

Nah pada artikel ini, saya akan berbagi cara mengatasi bom klik iklan Google AdSense pada blog. Namun sebelum itu, silahkan anda baca terlebih dahulu penjelasan dibawah ini, agar anda tau apa itu bom klik iklan.

Pengertian Bom Klik Iklan

Bom klik iklan adalah sebuah aktifitas klik iklan yang tidak wajar. Klik iklan tersebut bisa terus terjadi berkali-kali dan terus menerus. Bom klik biasanya dilakukan oleh seseorang atau banyak orang. Aktifitas klik iklan secara terus menerus ini akan dianggap sebagai spam oleh Google AdSense, oleh karena itu tidak jarang blog yang terkena bom klik iklan maka iklan AdSensenya akan menghilang karena akunnya terkena suspend atau banned.

Bom klik iklan Google AdSense pada blog bisa terjadi karena beberapa hal. Nah dibawah ini saya akan jelaskan apa saja penyebab terjadinya bom iklan Google AdSense di blog.

Penyebab Bom Klik Iklan

1. Penasaran Apakah Benar-benar Membayar

Penyebab bom klik iklan yang pertama adalah karena rasa penasaran sang pemilik blog. Kasus ini sering terjadi kepada blogger pemula yang baru saja berhasil menjadi publisher AdSense.

Rasa penasaran tersebut biasanya terjadi ketika pemilik blog ingin melihat hasil pendapatan AdSensenya, oleh karena itu terkadang sebagian besar blogger pemula sering melakuan klik iklan sendiri.

Pada kasus ini sebenarnya anda perlu berhati-hati karena kerap kali iklan yang di klik sendiri dengan jumlah tertentu itu bisa saja menjadi iklan yang valid atau tidak valid.

Masalahnya apabila anda melakukan klik iklan sendiri dan klik itu terdeteksi valid, maka anda akan semakin penasaran dan ingin terus mencoba mengakali klik iklan google Adsense.

Apabila hal itu terjadi maka bersiap-siaplah akun AdSense anda akan terkena suspend dan bahkan terkena banned. Oleh karena itu hindari melakukan bom klik iklan sendiri dengan cara apapun, karena pada akhirnya akan tetap diketahui oleh pihak Google AdSense.

2. Mencoba Mengakali Dengan Cara Licik

Dari sekian banyak orang yang mencoba cara curang terhadap iklan Google AdSense itu ada yang berhasil, namun sebenarnya jauh lebih banyak yang gagal dan pada akhirnya terkena suspend atau terbanned. 

Banyak cara yang dilakukan orang untuk mengakali iklan Google Adsense ini, diantaranya adalah dengan cara klik iklan sendiri dari banyak device, menggunakan VPN dan cara curang lainnya.

Namun seperti yang saya bilang bahwa meski dengan cara apapun anda melakukan bom klik sendiri pada iklan yang ada di blog anda, maka percayalah bahwa tetap akan diketahui oleh pihak Google AdSense. 

Oleh sebab itu hindari cara-cara curang dan lebih baik anda berfokus untuk membuat konten sebaik dan sebanyak mungkin agar klik iklan yang anda dapatkan datang secara organik dan bukan dari bom klik.

3. Tidak Paham Mana Iklan Mana Konten

Bom klik iklan dengan kasus tidak bisa membedakan mana iklan dan mana konten juga bisa terjadi. Apabila anda memasang terlalu banyak iklan pada blog, maka untuk pengunjung yang tidak paham mana iklan dan konten bisa saja malah terus mengklik iklan.

Hal ini tentu menjadi sebuah ancaman terjadinya bom klik, oleh karena itu pasanglah iklan sewajarnya dan tempakan iklan pada posisi yang strategis.

4. Penempatan Iklan Yang Tidak Tepat

Pada website Google AdSense sudah disediakan berbagai jenis iklan yang bisa diterapkan didalam blog. Namun tentunya sebagian blogger terus berfikir bagaimana cara menempatkan iklan agar mudah dilihat dan bahkan memancing klik iklan dari pengunjung.

Iklan jenis pralax, iklan melayang disamping kiri dan kanan atau iklan dengan jenis pop-up pernah saya lihat disebagian blog. Namun saya tidak tau apakah iklan dengan jenis itu efektif untuk meningkatkan penghasilan atau tidak.

Yang jadi masalah adalah iklan dengan jenis pop-up dan menggunakan script iklan Adsense itu sudah jelas dilarang oleh pihak Google Adsense karena akan mengganggu karena menutupi konten.

Dan untuk menutup iklan pop-up tersebut tentu sebagian pengunjung bisa saja malah mengklik iklan secara tidak sengaja. Hal itu bisa menyebabkan terjadinya bom klik pada iklan AdSense.

5. Sengaja Melakukan Bom Klik

Hati-hati apa bila anda melihat aktifitas klik iklan AdSense yang berlebihan pada blog anda. Hal ini bisa saja terjadi akibat ada orang yang tidak suka pada blog anda dan paham Google Adsense.

Saat orang yang tidak suka pada blog anda ingin menjatuhkan blog anda, maka dia (orang yang paham Google AdSense) tianggal melakukan bom klik iklan saja. Tujuannya adalah untuk membuat akun Google AdSense anda terkena suspend atau bahkan banned.

Dan dari pengalaman saya yang pernah merasakan pahitnya akun Google AdSense terbanned, maka semangat ngeblog dan membuat artikel menjadi turun drastis ketika sumber penghasilan dari blog menghilang.

Bom klik iklan yang disebabkan oleh seseorang yang paham Google AdSense biasanya karena dia tidak senang atau marah karena artikel yang kita berikan tidak menyelesaikan masalah, atau bisa saja karena dia memang tidak suka dengan blog kita, dan atau bisa saja mungkin karena dia merasa iri dengan blog kita.

Cara Mencegah Terjadinya Bom Klik Iklan

Untuk mencegah terjadinya bom klik iklan pada blog, maka anda bisa mengikuti tips yang akan saya jelaskan secara rinci dibawah ini.

1. Jangan Coba Membagikan URL Blog di Grup

Anda boleh bergabung dengan grup Blogger, blog Wordpress dan grup Google AdSense. Namun perlu anda ketahui bahwa kebanyakan orang yang ada di grup tersebut adalah orang-orang yang sudah memiliki blog dan paham tentang Google AdSense.

Anggaplah didalam grup tersebut ada orang yang cuek, ada yang mau sharing ilmu, ada yang mau copy  & paste artikel dan ada pula yang mungkin merasa dengan kehadiran anda maka dia mendapat saingan baru.

Untuk menghindari terjadinya bom klik pada iklan yang disengaja oleh orang yang merasa blognya tersaingin oleh blog anda, maka sebainya anda jangan pernah share URL atau nama domain anda ke grup tersebut.

Jadikan pengalaman pertama saya ketika sedang belajar Blogger dengan custom domain gratisan blogspot. Saat itu karena saya merasa tidak yakin apakah artikel yang saya buat sudah benar, maka saya share URL artikel tersebut dan minta pendapat member grup tersebut.

Beberapa orang member dalam grup itu berkomentar baik dan memberikan berbagai masukan agar artikel yang saya buat menjadi lebih baik. Namun betapa heran dan terpukulnya saya ketika setiap artikel yang saya terbitkan di blog saya itu selalu ikut terbit di sebuah blog lain yang tidak saya ketahui.

Setelah saya cari tau mengapa seolah artikel saya itu dikloning secara otomatis, akhirnya saya menemukan bahwa blog saya sudah terkena AGC (auto generated content).

Dari sana saya kapok untuk berbagi URL blog dan sekarang hanya menjadi silent member saja.

2. Buat Konten Berkualitas Sebanyak Mungkin

Semakin banyak konten berkualitas pada blog anda, semakin banyak pula pengunjung yang datang dari mesin pencarian Google (organik). Pengunjung yang datang secara alami dengan tujuan mencari informasi yang tepat tentu tidak memiliki keinginan untuk melakukan bom klik, karena mereka hanya berfokus membaca informasi yang dibutuhkan dan akan memberikan klik iklan secara sukarela ketika dirinya merasa senang dengan artikel yang kita buat.

Oleh sebab itu berusahalah membuat pengunjung blog anda semakin ramai dengan cara membuat konten-konten yang berkualitas.

3. Copot Terlebih Dahulu Semua Script Iklan

Ketika iklan pada blog anda terkena bom klik, maka sebaiknya anda segera mencopot semua script iklan AdSense terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar orang yang melakukan bom klik tidak lagi bisa melakukan klik iklan karena iklan tidak akan tampil ketika script iklan dicopot.

Jika dirasa orang yang melakukan bom klik iklan sudah tidak lagi beraksi, maka barulah anda pasang lagi script iklan pada blog anda.

4. Pasang Script Anti Bom Klik

Untuk mencegah dampak negatif dari aktifitas bom klik, maka anda bisa mencoba memasukan script dibawah ini dengan cara Buka Dashboard Blogger > Klik Tema, lalu cari kode </body> dan pastekan script dibawah ini tepat diatas kode </body>.


<script>
//<![CDATA[
function downloadJSAtOnload(){var e=document.createElement("script");e.src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/Arlina-Design/phantom@master/antiboomclick.js",document.body.appendChild(e)}window.addEventListener?window.addEventListener("load",downloadJSAtOnload,!1):window.attachEvent?window.attachEvent("onload",downloadJSAtOnload):window.onload=downloadJSAtOnload;
//]]>
</script>

Bila script code diatas kurang efektif, maka anda bisa mencoba script code kedua dibawah ini.


<script>
//<![CDATA[
function downloadJSAtOnload(){var e=document.createElement("script");e.src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/Arlina-Design/view@master/clickonme.js",document.body.appendChild(e)}window.addEventListener?window.addEventListener("load",downloadJSAtOnload,!1):window.attachEvent?window.attachEvent("onload",downloadJSAtOnload):window.onload=downloadJSAtOnload;
Arlina.init({click:3,interval:23000});
//]]>
</script>

Setelah itu klik simpan.

Fungsi Script Code Anti Bom Klik

Pada dasarnya script code anti bom klik ini bekerja untuk menyembunyikan atau tidak menampilkan iklan jika ada satu user yang telah melakukan klik iklan sebanyak 3 kali pada IP address yang sama.

Dengan menggunakan script anti bom klik ini, maka iklan pada blog anda akan terhindar dari bom klik yang dilakukan secara sengaja oleh seseorang. 

Perlu dicatat bahwa perjuangan untuk menjadi seorang blogger dan publisher AdSense itu tidaklah mudah. Untuk bisa berpenghasilan dari blog lewat Google AdSense itu tidak semudah membalikan telapak tangan.

Ada perjuangan ketika kita membuat artikel sebaik dan sebanyak mungkin agar bisa diterima oleh Google AdSense sebagai publisher, ada perjuangan menunggu saldo AdSense mencapai 10 USD untuk verifikasi identitas, dan ada perjuangan menunggu surat cinta (PIN) yang datangnya tidak bisa dikira-kira.

Oleh karena itu sayangi blog dan akun Google AdSense anda dan hindari bom klik iklan dengan cara-cara yang sudah saya jelaskan tadi.

Semoga bermanfaat.

Referensi artikel : https://www.arlinacode.com/2020/07/memasang-script-anti-bom-klik-adsense.html

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar