Cara Terbaru Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Tampil di Blog - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Terbaru Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Tampil di Blog

atasi iklan adsen tidak tampil

Kebanyakan blogger pemula sering kebingungan jika menemukan kasus iklan dari Google AdSense tidak tampil pada blognya. Padahal mereka sudah sangat yakin bahwa blognya sudah di approve oleh AdSense dan sudah mulai bisa menayangkan iklan.

Jadi pada artikel kali ini, saya akan berbagi tips mudah mengatasi iklan adsense yang tidak tayang pada blog, atau pada halaman tertentu dalam blog.

Sebelum masuk ke cara mengatasi iklan AdSense yang tidak tampil di dalam blog, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa penyebab iklan Google AdSense tidak tampil.

Penyebab Iklan Google AdSense Tidak Tampil

1. Belum Lama Diterima

Salah satu kasus iklan Google AdSense tidak tampil pada blog adalah karena blog belum lama diterima oleh AdSense. Lebih jelasnya saya umpamakan bahwa blog anda diterima pada pukul 13.00 WIB, sedangkan pada pukul 13.30 WIB iklan pada blog masih belum juga tayang.

Ini adalah hal wajar karena biasanya itu sering terjadi, namun dari pengalaman saya pribadi, biasanya meski kita sudah memasang kode iklan pada blog, namun itu tidak akan langsung tayang. Biasanya perlu waktu 1 sampai 2 jam, dan barulah tayang. Namun dalam sebagian kasus lagi, iklan bisa tayang jauh lebih cepat atau malah lebih lama.

2. Tidak Memasang Kode Iklan

Kasus ini biasanya membuat blogger pemula kebingungan luar biasa karena meski sudah mendapat email approval dari Google AdSense, namun iklan tetap tidak tayang.

Sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan mudah karena hanya dengan memasang kode iklan pada Google Adsense, maka blog sudah bisa menampilkan iklan. Namun itu sebenarnya hal biasa yang dialami setiap blogger pemulam, karena dari sana blogger tersebut akan mendapat pelajaran baru tentang cara memasang kode iklan AdSense.

3. Blog Kekurangan Konten

Salah satu penyebab yang membuat iklan Google AdSense tidak tayang pada blog adalah kurangnya konten pada blog. Contohnya adalah ketika blog anda diterima oleh Google AdSense, artikel yang ada pada blog anda berjumlah 10.

Nah apabila dalam sebulan anda tidak mempublish artikel baru, maka jangan heran jika anda menemukan kasus iklan tidak tampil. Hal ini terjadi karena biasanya pengiklan tidak ingin memasang iklannya pada blog yang tidak ramai pengunjung. Sedangkan untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung, maka anda wajib membuat konten sebanyak mungkin.

4.  Blog Kekurangan Visitor

Pada dasarnya pengiklan di Google AdSense itu ingin agar iklannya dilihat oleh banyak orang, dan apabila blog kita sangat sepi pengunjung maka jangan heran bila kita menemukan iklan pada blog kita mulai jarang tayang.

Untuk menghindari iklan tidak tayang karena kurangnya visitor, maka anda wajib belajar SEO (Search engine optimization) dan cara membuat artikel berkualitas, agar blog anda semakin ramai pengunjung.

5. Terindikasi Trafik Tidak Valid

Selanjutnya, penyebab iklan tidak tayang pada blog adalah karena iklan terindikasi trafik tidak valid. Beberapa penyebab trafik tidak valid diantaranya adalah visitor blog tidak organik (pencarian google), pengunjung yang melakukan spam dan klik iklan yang dilakukan secara sengaja, baik oleh orang lain atau pemilik blog.

Jika kasus iklan tidak tayang adalah karena terindikasi karena adanya trafik tidak valid, maka biasanya akun Google Adsense anda akan terkena teguran pertama berupa suspend. Apabila setelah proses suspend selesai namun iklan pada blog anda masih terindikasi terkena trafik tidak valid, maka hukuman terakhir adalah banned.

6. Tidak Mengaktifkan Fitur HTTPS

Awalnya setiap blog menggunakan enkripsi HTTP, sedangkan saat ini setiap blog wajib menggunakan enkripsi HTTPS. Apablia iklan pada blog anda tidak tampil, bisa saja hal itu disebabkan oleh anda yang tidak mengaktifkan fitur HTTPS. 

Sebenarnya masih banyak penyebab iklan tidak tampil pada blog yang belum dijelaskan, namun karena hanya 5 poin itu saja yang saya ketahui, maka saya hanya memberikan informasi yang saya tau. Apabila anda tau hal lain yang menyebabkan iklan Google AdSense tidak tayang, maka silahkan tambahkan di kolom komentar.

Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Tampil

Untuk mengatasi iklan yang tidak tampil pada blog sebenarnya cukup mudah, dibawah ini saya akan berikan beberapa tips mudah atasi masalah iklan AdSense tidak tampil.

Bersabar dan Pantau Terus

Jika kasus iklan tidak tampil diakibatkan karena blog anda baru saja diterima AdSense, maka sebaiknya anda bersabar dan pantau terus blog anda. Dengan terus memantau blog anda, maka anda bisa mengetahui iklan apakah sudah tampil atau belum.

Selain itu cek juga artike atau halaman dari blog anda yang paling banyak dikunjungi orang, karena biasanya iklan akan lebih cepat tampil pada artikel atau halaman yang banyak dicari orang.

Pasang robot.txt

Salah satu cara untuk mengatasi iklan tidak tampil pada blog adalah dengan cara memasang script robot.txt.

Untuk scriptnya silahkan ada copy, dan paste di menu robot.txt.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.maxikhsan.my.id/sitemap.xml

Catatan : anda wajib mengubah domain www.maxikhsan.my.id (warna hijau) dengan nama domain blog anda.

Selanjutnya anda tinggal pastekan script robot.txt yang sudah anda copy dan sudah anda ubah nama domainnya dibagian menu robot.txt seperti gambar dibawah ini.

atasi iklan adsen tidak tampil

Setelah anda menerapkan script robot.txt seperti yang sudah di instruksikan, selanjutnya anda juga perlu mengganti kode JS. AdSense seperti dibawah ini.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

dengan kode dibawah ini, dan terapkan sebelum kode penutup body atau </body>.

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
(function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();
//]]>
</script>

Sering Update Konten

Rajin mempublish konten baru pada blog bisa menjadi solusi masalah iklan adsense tidak tampil didalam blog. Dengan sering membuat konten yang berkualitas, maka akan semakin banyak orang mengunjungi blog anda.

Semakin banyak trafik blog anda, semakin bagus juga intensitas iklan yang tampil. Oleh karena itu anda harus sesering mungkin membuat artikel agar orang yang masuk kedalam blog anda menjadi betah, karena banyak informasi bermanfaat yang bisa di baca.

Copot Script Iklan Apabila Ada Trafik tidak Valid

Salah satu indikasi bahwa blog anda terindikasi memiliki trafik tidak valid adalah iklan adsense mulai jarang tampil atau bahkan tidak tampil sama sekali. Disini anda perlu perhatikan dengan seksama dari mana sumber trafik yang masuk pada blog anda itu berasal.

Anda bisa memeriksa sumber trafik tersebut secara langsung di Blogger atau di Google Search Console dan atau di Google Analytic. Apabila anda menemukan banyak visitor muncul bukan dari google.com, maka anda patut berhati-hati karena bisa saja ada orang iseng yang mengirimkan blog anda trafik bot.

Apabila hal ini terjadi maka sebaiknya anda melepaskan terlebih dulu semua kode iklan yang ada pada blog, kemudian anda tunggu terlebih dahulu sampai trafik blog anda kembali normal dan berasal dari pencarian google (organik).

Jadi kesimpulannya adalah sebenarnya banyak hal yang menyebabkan iklan google adsense tidak tampil pada blog. Namun tentu masalah itu bisa diatasi dengan berbagai cara yang bisa anda temukan di internet dan salah satunya adalah artikel ini.

Semoga bermantaaf.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar