Harus Bisa Gajian dari Blog, Minimal Tahun Depan! - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Harus Bisa Gajian dari Blog, Minimal Tahun Depan!

gaji dari blog

Belajar ngeblog sudah lama, tapi belum pernah gajian sama sekali, bisakah saya gajian dari blog tahun depan?

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi sebuah cerita dan sebuah tantangan untuk diri saya sendiri bahwa saya harus bisa gajian dari blog ini minimal tahun depan.

Nah, jadi sedikit bercerita tentang saya yang dari sejak kecil sudah menyukai teknologi, khususnya komputer. Sejak kecil saya selalu mengulik komputer di lab komputer tempat almarhum bapak saya bekerja.

Kebetulan saat itu alm bapak saya bekerja di sebuah lemabaga pendidikan sebagai penjaga sekolah, jadi setiap sore setelah semua guru dan siswa pulang, saya memiliki kesempatan untuk mengulik komputer baik software maupun hardware dengan meminjam komputer sekolah.

Setelah saya lulus SMA, saya bekerja di sebuah lembaga pendidikan mengikuti jejak almarhun bapak saya, namun saya tidak menjadi penjaga sekolah, melainkan hanya menjadi Staf Tata Usaha.

Nah sembari bekerja, sekitar tahun 2015 saya mencoba mencari informasi mengenai cara menghasilkan uang dari internet. Banyak informasi yang saya dapatkan sejak itu dalam hal mencari uang dari internet. Namun yang benar-benar saya geluti dan saya merasa senang dalam mengerjakannya adalah menjadi seorang blogger.

Sekitar tahun 2015 saya mencoba mengulik blogger dengan harapan bisa menjadi sumber pendapatan tetap. Namun ternyata hal tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan, saya mendapat banyak tantangan dan kegagalan bertubi-tubi yang menyebabkan saat itu saya sempat vakum selama hampir 3 tahun.

Saya masih ingat blog pertama yang saya buat adalah www.infoinopative.blogspot.com. Itu adalah blog pertama saya ketika belajar ngeblog, dan dari blog itu juga saya menjadi tau bagaimana cara melakukan indexing artikel, serta mengotak-atik kode html pada blog.

Blog pertama saya akhirnya sukses mendaftar menjadi publisher Google AdSense, dan saya sangat bahagia ketika itu karena berharap bisa mendapatkan penghasilan lebih dari sana. 

Namun ternyata untuk mendapatkan penghasilan dari blog tidaklah semudah itu karena untuk mendapatkan banyak pengunjung saja sudah sangat susah, apa lagi pendapatan dari iklan AdSense tersebut berasal dari klik iklan, sedangkan tidak semua orang melakukan klik iklan.

Yang lebih parahnya lagi, blog saya terkena AGC atau auto generating conten yang membuat semua konten pda blog pertama saya tercopy/paste secara otomatis ke blog lain yang meng-AGC blog saya.

Sejak itu saya merasa bahwa saya tidak mungkin bisa berpenghasilan dari blog karena selain sulit mendapatkan pengunjung, untuk bisa mendapatkan penghasilan dari iklan pun sangat sulit.

Setelah 2 tahun vakum, pada tahun 2018 saya mencoba kembali peruntungan lewat blog dengan membuat blog www.kazeb.id. Saat itu saya menghabiskan biaya yang cukup banyak untuk membeli domain serta artikel dari beberapa orang yang memang suka menulis.

Namun pada akhirnya blog saya pun terkena lagi AGC dan tidak menghasilkan sama sekali. Setelah itu saya coba kembali membuat blog ketiga saya yaitu blog ini. Dalam blog ini pun tantangannya tidaklah mudah, saya sempat vakum selama beberapa bulan karena tidak bisa menyelesaikan masalah indexing artikel pada blog ini.

Jadi awalnya blog ini sangat sulit dalam melakukan indexing artikel, bahkan meski artikel tersebut saya update setiap hari. Namun dengan kerja keras, akhirnya saya menemukan masalahnya dan alhamdulilah kini blog ini sudah auto indexing, dimana secara otomatis artikel akan terindex ke mesin pencari setelah 1 atau 2 jam diterbitkan.

Saya pun berfikir bahwa saya yakin rejeki saya ada diblog, karena sejak tahun 2015 saya belajar ngeblog dengan penuh kegagalan, namun tetap saja berusaha mencari rejeki dari blog.

Nah setelah melihat perkembangan blog ini, saya yakin bahwa saya bisa berpenghasilan dari blog. Alasanya adalah karena blog ini memiliki 90% pengunjung organik dan sudah berhasil memberikan saya pasif income.

Jika anda ingin tau, ketika artikel ini dibuat, blog ini hanya memiliki jumlah pengunjung rata-rata dibawah seratus orang per hari. Dan dari pengunjung sebanyak itu alhamdulilah saya terkadang mendapatkan penghasilan 2 sampai 5 ribu perbulan atau terkadang hanya mendapatkan 15 perak per hari.

Kecil ya :(

Saya tidak berkecil hati karena itu adalah rejeki saya, dan sampai saat ini saya terus berjuang untuk membuat penghasilan saya bertambah setiap hari, karena saya yakin, saya akan bisa membuat pekerjaan yang saya cintai ini memberikan rejeki yang berkah untuk saya.

Oleh karena itu saya membuat sebuah tantangan untuk diri saya sendiri bahwa minimal tahun depan, saya harus sudah bisa gajian dari blog ini.

Kiat Gajian Dari Blog Yang Saya Lakukan

Ada beberapa tips yang saya lakukan agar blog ini bisa memberikan saya gaji pertama di tahun depan.

1. Disiplin dalam membuat artikel

Hal pertama yang saya lakukan untuk mencapai target gajian dari blog tahun depan adalah dengan terus disiplin dalam membuat artikel untuk dipublikasi setiap hari.

Metode kerja yang saya terapkan pada blog ini adalah artikel untuk 7 hari kedepan harus sudah saya kerjakan hari ini, jadi blog ini akan selalu update konten setiap hari.

Mengapa blog harus update setiap hari?

Saya analogikan seperti ini, saya berjualan di sebuah tempat wisata yang dikunjungi banyak orang. Namun anehnya orang yang membeli dagangan saya sangat sedikit. Oleh karena itu saya harus mencari solusi agar dagangan saya bisa laku dibeli banyak orang.

Solusi pertama adalah dengan menambahkan jenis barang dagangan, karena mungkin orang akan lebih tertarik jika dagangan saya banyak jenisnya. Solusi kedua adalah dengan cara tetap mempertahankan khas dagangan saya, meski saya menabah dagangan jenis baru.

Dagangan yang saya analogikan diatas adalah konten blog atau artikel. Jadi saya mendisiplinkan diri untuk selalu update artikel setiap hari agar semakin banyak orang yang masuk kedalam blog ini lewat artikel-artikel baru.

Mempertahankan khas dagangan yang saya analogikan diatas adalah saya berusaha mempertahankan ciri khas blog saya meski saya selingi blog saya dengan konten yang diluar tema pembahasan.

2. Selalu memantau kesehatan blog

Agar blog ini bisa memberikan saya gaji tahun depan, maka saya harus pastikan bahwa blog ini selalu dalam keadaan sehat. 

Memang ada blog sakit?

Blog saya ini pernah sakit, mulai dari banyaknya broken link, lalu pernah juga terkena masalah artikel sangat sulit terindex dan blog yang tidak mobile frendly, dan masih banyak lagi yang membuat blog ini tidak sehat.

Namun sedikit-demi sedikit masalah itu bisa diatasi satu-persatu, dan kini hampir setia waktu saya cek kesahatan blog ini.

3. Selalu mencari ide untuk konten

Salah satu tantangan menjadi seorang blogger adalah stack tidak memiliki ide untuk membuat konten, hal ini sering terjadi kepada seorang blogger dan merupakan masalah yang harus dipecahkan karena akan berdampak pada tidak updatenya konten baru pada blog.

Salah satu hal yang saya lakukan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan mencoba mencari referensi dari blog lain, lalu menulikan artikel yang sama dengan gaya yang berbeda dengan tujuan yang sama.

Ingat, menjadikan sebuah artikel dalam blog lain sebagai referensi itu tidak menjadi masalah, yang akan menjadi masalah dan kejahatan adalah ketika kita mengcopy artikel orang lain dan mempastekannya di blog kita.

Atau apabila masalah stack tidak memiliki ide ini datang, cobalah berfikir out of the box. Cobalah buat konten lain yang meski tidak sesuai dengan tema pembahasan blog.

Pada intinya kita harus berusaha membuat blog terus update agar bisa secepatnya memberikan gaji.

4. Selalu pantau blog sebelah

Hal yang saya terapkan pada blog saya agar bisa memberikan gaji minimal tahun depan adalah dengan terus memantau blog kompetitor. Pada dasarnya mengamati, meniru dan memodifikasi untuk membuat sebuah konten menjadi lebih unik dan fresh itu diperbolehkan.

Jadi apabila terkadang anda mendapatkan masalah tidak memiliki ide untuk membuat konten, maka ada baiknya anda lihat apa yang blog kompetitor anda lakukan.

5. Berusaha mendapatkan lebih banyak pengunjung

Untuk bisa mendapatkan gaji pertama dari blog, maka saya harus bisa mendapatkan banyak pengunjung di blog ini. Salah satu cara saya untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung adalah dengan memperkaya konten, memberikan sesuatu secara gratis, dan menjalin komunikasi dengan pengunjung.

Selain itu saya juga terus berusaha memperdalam ilmu SEO blog, baik itu SEO onpage dan SEO offpage, karena untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung blog, salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah SEO (search engine optimization).

6. Menempatkan iklan dengan tepat

Gajian pertama yang sedang saya usahakan bisa didapatkan di tahun depan adalah dari iklan Google AdSense, untuk bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google AdSense yaitu syaratnya iklan harus bagus dalam menempatkan iklan agar mudah dilihat dan diklik orang.

Semakin banyak orang melihat iklan di blog saya, semakin besar pula kemungkinan orang memberikan klik secara cuma-cuma. Itu artinya semakin banyak klik yang saya dapatkan , maka semakin besar pula pendapatan AdSense ya.

7. Berusaha membuat pengunjung senang

Salah satu cara agar saya bisa gajian tahun depan dari blog ini adalah berusaha membuat setiap pengunjung di blog ini merasa senang dengan konten yang saya berikan.

Itu sebabnya dalam blog ini saya memberikan sebuah konten design kartu pelajar yang bisa di download setiap orang secara gratis. Saya tidak menyuruh orang untuk mengklik iklan di blog ini, namun saya yakin apabila orang merasa senang dengan konten saya, maka mereka akan memberikan klik iklan di blog ini.

8. Memblokir iklan murah

Sebenarnya saya tidak tau ukuran iklan mahal dan murah, namun dari beberapa artikel yang saya baca, semakin relevan sebuah iklan dengan konten blog, semakin besar juga harga iklannya.

Saya sendiri pernah mendapatkan harga iklan cuma Rp.15 per klik, sungguh sangat murah sekali kan. Nah untuk berikhtiar menghindari iklan murah ini maka saya selalu memblokir iklan yang sama sekali tidak ada relevansi dengan konten di blog ini.

9. Pantang menyerah

Pantang menyerah adalah sebuah hal yang harus ditanamkan dalam hati apabila kita bertekad untuk bisa mencapai sesuatu. Saya sendiri tidak yakin apakah tahun depan saya bisa gajian atau tidak dari blog ini, namun yang hanya bisa saya lakukan adalah terus berusaha dan mengejar impian gajian pertama dari blog itu.

10. Terus berdo'a

Setelah saya menanamkan rasa pantang menyerah agar tujuan gajian tahun depan itu tercapai, maka selanjutnya yang bisa saya lakukan hanya berdo'a kepada Allah S.W.T agar semua maksud saya itu dilancarkan.

Nah itulah beberapa kiat yang saya lakukan untuk bisa mendapatkan gaji pertama dari blog. Mohon anda semua yang membaca artikel ini mendo'akan juga saya agar bisa menjadikan profesi blogger ini sebagai penghasilan utama saya.

Karena jujur saya lebih menyukai perkerjaan yang saya sukai meski penghasilannya paspasan. Dan saya juga do'akan kepada setiap blogger yang membaca artikel ini semoga kalian semua bisa menjadi blogger sukses yang bisa berpenghasilan miliaran dari blog, aamiin.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar