10 Hal Kecil Yang Sering Terlupakan Ketika Merakit Komputer - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

10 Hal Kecil Yang Sering Terlupakan Ketika Merakit Komputer


Saat merakit sebuah komputer, biasanya kita terlalu fokus pada hardware utama seperti Motherboard, Processor, Hard Disk, Power Supply dan hardware lainnya. Seringkali hal-hal kecil seperti kabel SATA, Thermal Paste dan part kecil lainnya sering terlupakan, padahal part-part kecil tersebut memiliki fungsi yang sangat penting.

Artikel kali ini saya akan membahas 8 hal kecil yang sering terlupakan saat merakit komputer, dan berikut dibawah ini saya akan jelaskan secara lebih lengkap.

Part Kecil Komputer Yang Sering Terlupakan

 1. Kabel SATA

Kabel SATA merupakan kabel penyambung antara motherboard ke hard disk. Tanpa kabel SATA, mustahil hard disk bisa terkoneksi ke komputer. Apabila anda masih menggunakan hard disk jadul (ATA), maka anda juga harus memastikan bahwa motherboard yang digunakan memiliki slot kabel ATA.

Kabel SATA sering kali terlupakan ketika kita sedang merakit komputer, hal ini terjadi karena biasanya kita terlalu fokus pada part atau hardware yang lebih utama seperti mobo, processor, hard disk dan lain-lain.

2. Thermal Paste

Thermal paste adalah sebuah part yang sering kita lupakan juga ketika merakit sebuah komputer. Meski sebenarnya biasanya thermal paste sudah include dalam pembelian processor. Namun itu untuk processor baru, sedangan untuk processor second jarang yang sudah include dengan thermal paste.

Thermal paste sendiri berfungsi sebagai perantara penghantar panas dari processor ke HSF atau heatpipe. Thermal paste bekerja secara efektif menyalurkan panas dari processor ke HSF atau heatpipe yang nantinya dibuang melalui angin yang tertiup oleh fan casing.

3. HSF Atau Heatpipe

HSF dan heatpipe adalah salah satu part penting yang sering terlupakan ketika kita merakit sebuah komputer dengan part second. Jika kita merakit komputer dengan processor baru, biasanya dalam box processor juga sudah terdapat HSF bawaan.

HSF dan heatpipe adalah part penting yang berfungsi membuang panas dari processor. Biasanya semakin besar dan memiliki banyak pipa tembaga pada sebuah heatpipe, semakin bagus pula penyerapan panas dan pembuangan panasnya.

Saat ini anda bisa mendapatkan heatpipe baru dengan harga 100 ribuan, itu biasanya sudah memiliki 4 pipa tembaga yang menurut saya sudah cukup bagus untuk meredam panas processor dengan jumlah 4 core.

4. Converter 6 PIN VGA

Sering kali kaum kere hore seperti admin menggunakan PSU standar yang belum memiliki kabel power VGA. Nah yang jadi masalah itu terkadang kita lupa mempersiapkan kabel converter molex atau sata to 6 PIN VGA, sehingga ketika kita upgare ke VGA yang memiliki TDP besar dan mewajibkan menggunakan power khusus, kita malah kebingungan karena tidak memiliki converternya.

5. Converter HDMI to VGA dan VGA to DVI

Masih terkait dengan VGA, terkadang hal sepele ini terlupakan ketika merakit komputer. Namun tentu part ini sifatnya opsional karena jika VGA dan monitor sudah memiliki colokan yang sama, maka tidak akan menjadi masalah.

Masalahnya apablia monitor anda menggunakan VGA, sedangkan VGA anda menggunakan DVI atau HDMI, maka anda wajib membeli converter VGa tersebut agar VGA anda bisa terhubung ke monitor.

6. Fan Casing

Fan atau kipas dalam casing memiliki peran penting dalam komputer, Fan komputer sendiri berfungsi untuk mendinginkan komputer dengan membuang semua panas dalam komputer dari arah depan kebelakang (biasanya).

Semakin banyak dan semakin baik pengarahan airflow fan pada komputer, semakin baik pula proses pendinginan pada komputer, oleh karena itu jangan sepelekan part satu ini ya.

Saat ini anda bisa mendapatkan fan berukuran 12 CM dengan harga 12 ribu (second) dan Rp.25.000 untuk yang baru.

7. Speaker

Salah satu part kecil namun sering terlupakan juga ketika kita merakit komputer adalah speaker. Speaker berfungsi mengeluarkan output audio dari komputer, sehingga kita bisa mendengarkan audio dari komputer secara langsung.

Harga speaker sendiri berkisar antara 30 ribu sampai ratusan ribu, tergantung dari brand dan kualitas, untuk kaum kere hore seperti saya, maka yang 30 ribuan juga sudah worth itu.

8. Kabel Grounding

Part satu ini sebenarnya tergantung dari pemakaian komputer, apablia anda hanya menggunakan komputer untuk searching, office work dan youtube-an saja, maka anda tidak memerlukan part satu ini. 

Namun apabila anda adalah seorang pembuat musik, konten kreator dan bekerja dalam hal-hal yang berkaitan dengan audio, maka anda wajib menggunakan kabel grounding ini.

Kabel grounding bisa kita buat sendiri dengan menggunakan kabel besak. kabel tersebut kita kaitkan pada casing pc, dan ujung satunya kita kaitkan pada paku yang kita tanam pada dinding atau lantai.

9. RAM Heatsink

RAM Heatsink pernah saya bahas di artikel Cara Membuat Ram Gaming sendiri. Kegunaan heatsink pada RAM sangatlah dianjurkan menurut saya karena panas yang dihasilkan oleh RAM terbilang cukup tinggi.

Meski tidak menggunakan heatsink pun sebenarnya tidak masalah, namun untuk menjaga suhu RAM agar lebih dingin dan membuat RAM lebih awet, saya menyarankan anda untuk membeli part kecil ini.

Harga heatsink RAM di online shop bermacam-macam tergantung merek, saya sendiri menggunakan heatsink RAM Hyper-X yang harganya sekitar 15 ribuan saja.

10. Kabel Ties (ripet)

Kabel ties atau kabel ripet adalah yang paling sering terlupakan ketika kita merakit sebuah komputer. Fungsi kabel ties sangat banyak, namun dalam merakit komputer kabel ties berfungsi untuk merapihkan kabel untuk membuat kabel managemen pada perakitan komputer menjadi lebih rapih.

Nah itulah 10 hal kecil yang kadang sering terlupakan atau disepelekan ketika kita merakit komputer. Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika merakit komputer.

Jika ada yang kurang maka silahkan anda beri tau saya dan sampaikan di komntar.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar