Review SSD Kingston A400, Bagus? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Review SSD Kingston A400, Bagus?

ssd kingston a400

Sekitar awal tahun 2020 hampir semua part komputer atau PC naik harganya, dan salah satu part yang benar-benar naik parah harganya adalah SSD. Saat itu harga SSD didalam negeri yang dijual di online shope terbilang sangat mahal, karena SSD dengan kapasitas penyimpanan 120GB saja harganya bisa sampai 350 ribu untuk brand biasa, dan untuk brand mainstream harganya sudah tembus ke 370 sampai 400 ribu.

Nah untuk mengakali hal tersebut saat itu saya memutuskan untuk membeli SSD merek Kingston A400 dari cina melalui online shop, dan dalam artikel ini saya akan berbagi review sekaligus pengalaman selama saya menggunakan SSD Kingston A400 ini.

Jadi sekitar tahun 2020 saya menjual komputer saya karena kebutuhan yang mendesak. Komputer tersebut saya rakit pada tahun 2013 dengan spesifikasi diantaranya menggunakan processor Core i3 3240. 

Saat itu saya beli processor itu dikisaran harga 1 jutaan lebih, ketika saya cek di online shop pada tahun 2020, harga second processor tersebut sangat jatuh yaitu menjadi 300 ribu rupiah. 

Akhirnya saya harus merelakan komputer yang saya rakit dengan menghabiskan budget kurang lebih 10 juta itu dijual dengan harga 2 juta saja.

Setelah komputer itu terjual, saya memutuskan untuk nyicil part komputer second, alasan saya nyicil part komputer adalah karena saya bisa merakit komputer sendiri, sehingga sudah tau spek apa yang diperlukan dan berapa setimasi biaya yang harus dikeluarkan.

Jika anda ingin tau tips nyicil komputer yang benar, maka anda bisa membaca artikel Urutan Upgrade Komputer yang Benar

Saat itu part pertama yang saya beli adalah motherboard second ECS G41T-TM dengan socket LGA 775. Saya memilih motherboard ini karena memang pas dengan budget saya yang hanya sekitar kurang lebih 200 ribuan.

Meski tidak support overclock karena motherboard ini diperuntukan untuk komputer build-up, namun saya sudah merasa cukup karena tidak akan melakukan overclock disaat itu.

Jika anda penasaran dengan motherboard ECS G41T-TM yang saya gunakan, maka silahkan baca artikel Review Motherboard ECS G41T-TM ini.

Part kedua yang saya beli sebelum membeli SSD kingston A400 adalah processor Core 2 Quad Q8400. Processor ini sudah memiliki 4 core dan 4 thread yang sudah cukup enak untuk diajak bermain game dan editing atau rendering.

Selain itu sebenarnya alasan utama saya membeli processor tersebut adalah karena harganya yang cukup terjangkau, yaitu hanya 120 ribu saja. 

Part ketiga yang saya beli ketika adalah SSD Kingston A400, nah saat itu harga SSD di Indonesia lagi naik-naiknya, jadi saya mencari harga yang paling murah, dan itu pun ada di harga 300 ribu rupiah. 

Selain itu saya juga mendapatkan SSD Kingston A400 ini dari cina karena di Indonesia saat itu harganya bisa mencapai 350 ribuan. Sebenarnya review SSD Kingston A400 ini datanya berasal dari pengalaman penggunaan, jadi apabila kurang tepat mohon dimaafkan.

SSD Kingston A400 ini saya beli pada tahun 2020, dan sampai saat artikel ini dibuat, kesehatan dari SSD Kingston A400 ini masih bagus yaitu 98%. Sedangkan untuk performance ada diangka 100%.

Data ini saya ambil dari software Hard Disk Sentinel yang setiap hari saya lihat updatenya ketika komputer saya nyalakan. Dari kapastias 120GB, yang bisa digunakan untuk menyimpan file atau data hanya sebanyak 111GB saja. 

Kapasitas sebesar itu sebenarnya sudah cukup untuk memuat Windows dan beberapa game serta software. Namun apablia anda menginstal game seperti GTA V, maka otomatis SSD anda akan penuh.

Untuk urusan kecepatan sudah bisa dipastikan lebih cepat dari hard disk, namun dalam artikel ini saya tidak bisa memberikan data kecepatan SSD Kingston A400 karena tidak memiliki software benchmarknya.

Jadi kesemipulan dari review dan pengalaman penggunaan SSD Kingston A400 ini adalah SSD Kingston A400 itu cukup worth it untuk digunakan kaum kere hore mirip admin. 

Dengan harga yang murah pada saat ini, anda bisa mendapatkan SSD dengan kecepatan tinggi dan memiliki durabilitas yang luar biasa. 

Apablia anda ingin memiliki SSD dengan kecepatan yang lebih bagus, maka anda bisa memilih SSD dari brand ternama seperti Samsung, Gigabyte, ADATA, dll, namun tentunya harga dari SSD tersebut akan lebih mahal dari SSD Kingston A400.

Dan jika anda ingin SSD yang lebih murah dengan harga sektar 195 ribuan, maka anda bisa membeli SSD dengan brand Midas force, RX7 dan SSD murah lainnya.

Semoga artikel review SSD Kingston A400 ini bermanfaat.

Jika ada yang kurang dalam artikel review ini maka anda bisa menambahkannya di kolom komentar. 

Terimakasih.



Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar