Ini Spek Komputer 500 Ribuan, Bisa Main Game Berat!? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Ini Spek Komputer 500 Ribuan, Bisa Main Game Berat!?

spek pc komputer 500 ribu

Kaum kere hore silahkan  merapat ya karena dalam artikel ini saya akan membahas spek komputer 500 ribuan secara lengkap.

Apakah anda seorang PC enthusiast, jika iya maka anda wajib belajar merakit komputer sendiri. Nah untuk permulaan saat merakit sebuah komputer, saya sarankan anda untuk merakit PC dengan spek biasa saja. Apabila anda sudah makhir dalam perakitannya, maka barulah coba rakit PC dambaan anda.

Eit, tapi itu hanya saran saja ya, bila anda sudah memiliki budget yang cukup untuk merakit PC impian anda, maka silahkan buat komputer dambaan anda tersebut.

Sebenarnya artikel ini saya peruntukan bagi anda kaum kere hore seperti saya yang rasanya sudah senang dan sangat terbantu meski memiliki komputer spek kentang.

Namun tahukah anda bahwa spek kentang ini masih siap diajak untuk bermain game berat dan bisa menjalankan emulator android dengan lancar. 

Jadi sekarang mari kita bahas spesifikasi lengkap dari spek komputer 500 ribuan ini secara lebih lengkap.

Spesifikasi Komputer 500 Ribuan

1. Processor Second Core 2 Duo E8400

Hardware pertama yang akan kita siapkan dan kita bahas adalah processor. Untuk processor sendiri sebenarnya anda memiliki banyak opsi apa bila anda memiliki budget lebih.

Contohnya adalah processor Core 2 Duo E8400 yang memiliki 2 core dan 2 thread, harga processor ini hanya 45 ribuan saja. Nah jika anda memiliki budget lebih, maka anda bisa naik kelas satu level ke Core 2 Quad Q6600 yang sudah memiliki 4 core dan 4 thread dengan kecepatan 2.4 GHz.

Namun apabila anda hanya memiliki budget pas-pasan, maka processor Core 2 Duo E8400 ini bisa menjadi pilihan tepat. Processor Core 2 Duo E8400 ini meski hanya memiliki 2 core dan 2 thread namun memiliki kecepatan 3.4 Ghz.

Dengan kecepatan sebesar itu tentu anda tidak perlu ragu dalam urusan bermain game-game ringan atau sekelas PS2. Selain itu salah satu kelebihan processor ini adalah sudah support overclock, jadi anda bisa menambah kecepatan processor ini ke angka yang lebih besar.

2. Motherboard Second Chipset G31 Socket 775

Sebagai teman processor yang memiliki socket LGA 775, maka motherboard dengan chipset G31 bisa anda pilih. Selain harganya murah karena ada dikisaran 150 ribuan, motherboard ini sudah support overclock.

Namun perlu diketahui bahwa tidak setiap brand motherboard memberikan fitur overclock, terutama brand komputer build-up. Oleh karena itu saya merekomendasikan motherboard dengan chipset G31 yang memiliki brand seperti Asus, MSI, Gigabyte, Asrock dan brand lainnya.

3. RAM DDR2 Baru

Karena motherboard dengan chipset G31 belum support RAM DDR3, maka mau tidak mau anda harus mempersiapkan RAM DDR2. Namun anda tidak perlu khawatir dengan masalah performa, karena RAM DDR2 masih bisa diandalkan untuk diajak main game dan editing.

Harap jangan bandingkan RAM DDR2 dengan RAM DDR3 dan DDR4 ya, apalagi DDR5, karena sudah tentu performanya akan beda, namun dari segi kestabilan, RAM DDR2 masih bisa diandalkan.

Harga RAM DDR2 2GB satu kepingnya adalah 70.000 untuk yang baru, dan anda wajib menggunkan 2x2GB RAM DDR2 jika komputer yang ingin anda rakit tersebut ditujukan untuk bermain game.

4. Power Supply Second

Power supply yang diperlukan untuk memberikan asupan daya pada processor Core 2 Duo E8400 tidaklah harus besar. PSU dengan kapasitas 225 Watt saja sudah cukup untuk memberikan asupan daya pada processor ini.

Harga PSU second dengan merek advance ada di kisaran 40.000 an, namun apabila anda ingin mendapatkan PSU yang lebih bagus, anda bisa memilih power supply korea yang harganya cuma 100 ribuan saja.

Jika anda penasaran dengan performa power supply korea, maka anda bisa membaca artikelnya di Review PSU Korea.

5. Hard Disk Second 160GB

Karena ini adalah spesifikasi komputer kere hore, maka media penyimpanan yang bisa digunakan adalah hard disk. Hard disk second dengan kapasitas 160Gb harganya berkisar antara 60 sampai 70 ribuan.

Dengan kapasitas sebesar itu anda sudah bisa menginstal windows, dan beberapa game ringan serta software office. apablia anda ingin menambah kecepatan komputer sebaiknya anda memilih SSD. Saat artikel ini dbuat, harga SSD merek eyota, midas force, dan RX7 ada dikisaran 200 ribuan.

Apabila anda ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih banyak namun tetap dengan harga yang terjangkau, maka anda bisa membeli hard disk second dengan kapasitas 500GB yang harganya ada di kisaran 125 ribu sampai 150 ribuan.

6. VGA Card Second

Untuk VGA card, yang cocok digunakan untuk spek komputer ini adalah Nvidia GT 210. Selain harganya cuma 100 ribuan, VGA ini juga sudah mempunyai VRAM 1GB.

Untuk urusan VGA sebenarnya opsional, semakin bagus seri yang digunakan, smakin bagus pula performanya. Namun rasanya untuk bisa mendapatkan VGA bagus diangka 100 ribuan rasanya agak sulit. Jadi pilihan terbaik jatuh kepada GT210.

7. HSF Processor

Ini adalah part kecil yang sering terlupakan ketika merakit PC dengan low budget. padahal HSF memiliki peran penting dalam urusan pendinginan processor.

HSF bawaan processor yang second harganya ada dikisaran 15 ribuan saja, namun apabila anda ingin mendapatkan performa pendinginan yang lebih bagus maka anda bisa memilih Cooler Tower yang sudah menggunakan heat pipe.

8. Thermal Paste

Thermal Paste atau thermal grease adalah salah satu part penting dalam perakitan komputer. Fungsi dari thermal grease adalah sebagai media perantara antara processor dan HSF.

Dengan menggunakan thermal paste atau thermal greas atau sering juga disebut pasta processor, maka performa pelepasan panas dari processor bisa lebih efektif dan maksimal.

Harga dari thermal paste ini hanya delapan ribuan saja.

9. Kabel SATA

Kabel SATA berfungsi sebagai konektor dari hard disk ke motherboard, harga kabel sata cukup bervariatif tergantung dari merek atau bahan yang digunakan. Namun untuk kaum kere hore, kabel SATA dengan harga 2500 san juga sudah cukup.

10. Casing Bekas

Karena Spek yang dibuat merupakan spek low budget, maka kesing yang digunakan pun juga second. Anda bisa mendapatkan kasing second yang bagus dengan harga 30 ribu sampai 50 ribuan.

_____________________

Nah setelah saya jelaskan spesifikasi komputer 500 ribuan ini, sekarang saatnya kita akumulasikan harganya. 

Apabila kita jumlahkan dari ke 10 part yang harus dibeli tersebut, maka keseluruhan budget yang harus dipersiapkan adalah Rp.545.500.

Dengan spesifikasi komputer 500 ribuan ini anda sudah bisa memainkan game sekelas PS2 seperti Need for Speed, dan untuk game PC anda sudah bisa memainkan game PES 12 sampai 17, dan untuk game cukup berat anda bisa memainkan game GTA V.

Apakah spesifikasi komputer 500 ribuan ini worth it?

Untuk saya ini worth it, namun tentu anda juga harus memikirkan untuk melakukan upgrade karena harus menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Saya sendiri sampai saat ini masih menggunakan processor XEON X5460 yang merupakan kembaran dari Core 2 Quad Q9650 atau Core 2 Quad seri tertinggi. Dan sampai saat ini saya belum bisa memainkan game vaforit saya yaitu MOTOGP 22 karena spek yang pas-pasan.

Nah apabila anda juga ingin memainkan game berat pada spek komputer 500 ribuan ini juga tentu bisa, hanya saja akan terasa tidak nyaman karena lag, dan sebagian besar game-game berat tidak bisa dimainkan karena spesifikasi tidak sesaui dengan apa yang direkomendasikan.

Semoga artikel spek komputer 500 ribuan ini bisa membantu anda yang sedang ingin merakit PC dengan budget 500 ribu.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar