Arti Darmaji dalam Basaha Sunda - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Arti Darmaji dalam Basaha Sunda

paribasa darmaji

Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa yang sangat kaya akan makna, salah satu paribasa yang sering kita dengar adalah istilah darmaji. nah pada artikel ini kita akan membahas apa arti darmaji, dan asal muasal kata darmaji lahir.

Darmaji, adalah sebuah kata yang biasanya sering diucapkan oleh seorang pedagang ketika ada seseorang yang membeli dagangannya dengan jumlah cukup banyak, namun pembeli tersebut mengelabui pedagang dengan hanya membayar satu saja.

Pribahasa atau paribasa darmaji sebenarnya diambil dari beberapa kata, yaitu 

   ° dar = dahar (makan)

   ° ma = lima (lima biji)

   ° ji     = hiji (satu)

Bila kita satukan kata diatas maka bunyinya akan menjadi "dahar lima hiji".

Namun istilah ini lebih tepatnya diartikan menjadi dahar lima mayar hiji, dan apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia maka berbunyi makan lima bayar satu.

Kata ini sering terlontar dari pedagang yang jengkel terhadap pembeli yang suka mengambil atau memakan barang dengan jumlah banyak, namun membayar hanya 1.

Sebenarnya untuk asal muasal kata ini tidak bisa dipastikan apakah ini hanya istilah yang dibuat oleh orang Sunda, atau memang sudah ada sejak zaman dahulu. 

Namun untuk lebih memahami paribasa darmaji ini, mari kita buat contoh kasus yang membuat kata darmaji ini terlontar dari seorang pedagang.

° Pedagang : Cape dagang di sakola mah, loba pisan anu darmaji na.

° Anak pedagang : kumaha atuh mah, resiko dagang di sakola mah, da barudak sakola mah gening seeur nu Bangor na.

Dalam kasus diatas, bisa kita simpulkan bahwa pedagang tersebut merasa jengkel karena dagangnya sering di darmaji oleh pembeli, sedangkan sang anak mencoba memberi pengertian dengan cara sederhana kepada ibunya yang merupakan pedagang.

Jadi kata atau paribasa darmaji bisa diartikan sebagai orang yang suka makan dagangan banyak, namun hanya membayar satu.

semoga kita tidak diberikan sifat seperti itu dan menjadi orang yang jujur.

semoga artikel ini bermanfaat dan wasalam.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar