Penyebab Komputer No Display dan Cara Mengatasinya - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Penyebab Komputer No Display dan Cara Mengatasinya

atasi komputer no display

Salah satu masalah yang sering muncul pada komputer adalah no display. Biasanya masalah ini ditandai dengan CPU menyala tanpa kendala, namun pada monitor tidak ada tampilan apapun.

Nah dalam artikel ini, saya akan membahas apa penyebab komputer bisa no display, dan bagaimana cara mengatasinya.

Daftar Isi

Mengenali Masalah No Display Pada Komputer

No display pada komputer adalah salah satu malasah yang terkadang troubleshootnya bisa mudah atau sulit untuk dipecahkan. Hal ini karena masalah no display pada komputer ini bisa terjadi karena banyak faktor. Oleh karena itu, jika anda mengalami masalah no display pada komputer anda, maka sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab komputer bisa no display.

Penyebab Komputer No Display

Seperti yang sudah saya utarakan diatas, masalah no display pada komputer bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari CPU rusak, port VGA internal rusak, slot PCI-E VGA rusak, Kabel VGA atau HDMI atau Display port rusak, RAM rusak dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas lebih dalam.

1. No Display Disebabkan CPU RUSAK

Salah satu masalah no display yang paling sulit dibetulkan adalah karena rusaknya CPU. Berdasarkan pengalaman saya ketika melakukan service komputer no display, yang membuat sulit dalam memecahkan masalah no display akibat CPU rusak adalah karena sulitnya ketika kita tidak memiliki CPU cadangan dengan socket yang sama.

Sehari sebelum artikel ini dibuat, saya melakukan service komputer no display yang disebabkan oleh CPU atau processor yang rusak. Alasan saya yakin bahwa processor yang rusak adalah karena semua part telah saya coba, mulai dari RAM, Hard Disk, VGA dan semua yang berkaitan dengan tampilan telah saya coba, dan hasilnya bagus.

Nah, yang menyulitkan saya untuk memastikan bahwa penyebab komputer tersebut bisa no display karena processor nya rusak adalah, saya tidak memiliki processor dengan socket LGA yang sama. Sehingga meski saya sudah 99% yakin bahwa processornya rusak, namun tetap saja belum yakin 100% karena saya belum mencoba processor lainnya pada motherboard yang sama.

2. No Display Disebabkan VGA Internal Rusak

Penyebab komputer no display yang kedua adalah karena port VGA internal pada motherboard sudah rusak. Perlu diketahui bahwa motherboard itu ada yang memiliki VGA internal dan ada juga yang tidak, sehingga terkadang ada orang yang menganggap motherboardnya rusak karena no display, padahal sudah jelas motherboardnya tidak memiliki VGA internal.

Untuk mengetahui apakah VGA internal pada motherboard rusak, maka kita bisa mencoba mencolokan monitor ke komputer lain, atau dengan menggunakan VGA External.

3. No Display Disebabkan Slot PCI-E Rusak

Setiap motherboard biasanya sudah dibekali dengan minimal 1xPCI-E slot x16, slot PCI-E ini memiliki banyak fungsi, namun pada umunya lebih digunakan sebagai port untuk menghubungkan VGA external.

Apabila komputer yang digunakan menggunakan VGA external, namun kita menemui masalah no display, maka untuk memecahan masalah ini kita bisa mencobanya dengan menggunakan VGA external lain. 

Apabila setelah menggunakan VAG external lainnya masih tetap no display, maka bisa dipastikan bahwa slot PCI-E pada motherboard telah rusak.

4. No Display Akibat Kabel Rusak

Ketika ada masalah no display pada komputer, sering kali kita dan khususnya saya sendiri malah langsung mencari penyebab masalah tersebut ke hardware. Padahal, salah satu penyebab komputer no display adalah kabel VGA rusak.

Nama kabel penghubung komputer ke monitor yang biasa kita ketahui adalah kabel DVI atau VGA, kabel HDMI dan kabel Display port. Apablia VGA yang digunakan menggunakan salah satu kabel tersebut, maka jika masalah no display ini terjadi, silahkan cek terlebih dahulu apakah kabel yang digunakan masih bagus atau sudah rusak.

5. No Display Akibat RAM Rusak

Salah satu kasus no display yang sering dijumpai pada komputer adalah disebabkan karena RAM yang kotor atau rusak. Namun perlu anda ketahui juga bahwa setiap RAM memiliki kompabilitas yang berbeda-beda, contohnya misalkan anda menggunakan motherboard dari intel yang hanya support kecepatan RAM di angka 1333 MHz. Sedangkan RAM yang digunakan adalah DDR3 untuk motherboard AMD yang memiliki kecepatan 1600 MHz.

Secara otomatis komputer tidak akan memberikan display apapun  karena RAM yang tidak kompetible dengan motherboard.

6. No Display Akibat Gagal Overclok

Penyebab komputer no display yang keenam adalah karena gagal ketika melakukan overclock. Saya sering menemukan masalah ini karena suka mengoverclock processor yang saya gunakan.

Ketika proses overclock gagal, maka biasanya komputer akan no display. oleh karena itu, untuk menghindari anda gagal dalam melakukan overclok, maka silahkan baca artikel cara overclock processor ini.

Cara Mengatasi Komputer No Display

Setetelah anda mengetahui masalah yang menyebabkan komputer no display, maka selanjutnya anda tinggal mengetahui cara mengatasinya dengan cara yang sering saya lakukan.

Ketika anda menemukan masalah no display pada komputer, maka hal yang pertama harus anda lakukan adalah mencoba semua part pada komputer untuk mengetahui dimana letak penyebab no displaynya.

Urutan troubleshoot yang sering saya lakukan adalah membuka terlebih dahulu RAM, lalu membersihkannya dengan penghapus pensil, lalu memasangkannya lagi untuk dicoba.

Apabila menyala, maka no display pada komputer disebabkan karena RAM yang kotor. Namun apabila tidak menyala, maka kita wajib mencoba RAM yang lain yang masih berfungsi dengan baik.

Apabila masih no display meski sudah menggunakan RAM baru, maka kemungkinan slot RAM pada motherboard telah rusak. Jika slot RAM yang rusak hanya satu, maka anda bisa memanfaatkan slot RAM yang kedua, ketiga dan keempat. Tapi bila semua slot RAM rusak, maka anda wajib membeli motherboar baru.

Urutan Troubelshoot yang kedua mencoba menggunakan VGA external. Hal ini adalah untuk mengetahui apakah VGA internal yang rusak atau processor yang rusak.

Jika masalah no display terjadi karena VGA internal rusak, maka biasanya ketika menggunakan VGA external akan bagus. Namun ketika VGA internal dan VGA External dicoba masih tetap no display, maka kemungkinan masalah no display terletak di processor.

Troubleshoot yang ketiga, ketika anda menghadapi masalah no display pada komputer adalah mencoba menggunakan processor lain pada motherboard yang digunakan. Apablia processor tersebut berjalan dengan baik, maka dapat dipastikan processor yang diganti tersebut sudah rusak.

Troubleshoot yang keempat yang sering saya lakukan adalah mencopot dulu semua kabel yang terhubung ke listrik, lalu membuka terlebih dahulu cmos. Hal ini bertujuan untuk mereset setting bios setelah gagal melakukan overclok.

Namun saat ini hampir semua motherboard sudah memiliki jumper cmos, sehingga tidak perlu ribet lagi harus mencopot cmos secara manual.

Pada dasarnya masalah no display pada komputer ini pasti akan dialami oleh pengguna komputer. Jadi ketika kita menemukan masalah no display ini maka jangan panik, berusahalah untuk melakukan troubleshoot sendiri dengan mengikuti cara yang telah saya instruksikan diatas.

Apablia anda masih belum yakin, maka anda bisa mencari video tutorial cara memperbaiki komputer no display di youtube. Dan apabila anda masih ragu juga, maka sebaiknya hubungi teman yang bisa memperbaiki masalah no display ini, atau pergi ke tempat service komputer.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar