Tips Menyimpan Kata Kunci dengan Tepat Pada Artikel Blog - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tips Menyimpan Kata Kunci dengan Tepat Pada Artikel Blog

kata kunci pada blog

Bagaimana cara seseorang mencari informasi yang dibutuhkan di internet? 

jawaban umumnya adalah dengan cara menuliskan sebuah kata kunci yang dia cari di internet lewat mesin pencarian.

Nah dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu kata kunci, bagaimana cara menentukan kata kunci yang tepat, bagaimana cara menyimpan kata kunci dengan benar pada artikel, dan memahami jenis kata kunci.

Apa Itu Kata Kunci?

Kata kunci atau keyword adalah sebuah kata atau konsep yang mewakili keseluruhan dari isi materi. Misalnya, anda sedang membutuhkan resep membuat cemilan bihun gulung, anda pun mencari informasi di internet dengan menulis kata resep bihun gulung.

Setelah anda menemukan sebuah artikel yang membahas tentang resep bihun gulung, maka anda membacanya secara teliti. Saat anda hanya berniat mencari informasi tentang resep bihun gulung, kebetulan di blog tersebut juga menjelaskan cara membuat bihun gulung. Anda pun pada akhirnya menemukan sebuah artikel yang memberikan informasi lebih dari apa yang anda cari.

Dari contoh diatas, anda bisa mendapatkan pemahaman bahwa kata kunci sangat memiliki peran penting dalam sebuah artikel yang akan dipublikasi di blog, karena ketika ada orang yang mengetik kata kunci misalnya cara membuat bihun gulung, maka ketika anda membuat artikel yang pembahasannya berkaitan dengan bihun gulung, maka besar kemungkinan artikel anda akan muncul dihalaman pertama mesin pencari.

Bagaimana Cara menetukan Kata Kunci Yang Tepat?

Sebenarnya cara untuk menentukan kata kunci itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Untuk memahami konsep kata kunci, mari kita analogikan seperti ini.

Anda membuat sebuah artikel tentang cara membuat nasi goreng, dengan membuat artikel ini, maka tandanya anda siap memberikan informasi mengenai apapun yang berhubungan dengan nasi goreng.

Sebelum anda membuat artikel tersebut, ada baiknya anda membuat sebuah list kata kunci yang akan anda masukan kedalam artikel yang akan dibuat. Contohnya misalkan anda akan membuat artikel dengan judul cara membuat nasi goreng, maka anda harus membuat list kata kunci dengan menebak apa kata kunci yang akan dicari orang.

Contoh, kata kunci utama artikel yang anda buat adalah cara membuat nasi goreng, maka anda harus coba menebak kata kunci lain, namun harus tetap memiliki kata kunci utama yaitu nasi goreng.

Contoh list kata kunci :

  1. Cara membuat nasi goreng
  2. Tips membuat nasi goreng
  3. Cara bikin nasi goreng enak
  4. Tips membuat nasi goreng
  5. Cara agar nasi goreng enak
  6. Cara membuat nasi goreng special
  7. Dan seterusnya

Setelah anda mendapatkan list kata kunci, maka selanjutnya anda tinggal menerapkannya kedalam artikel yang anda buat. 

Mengapa list kata kunci sangat diperlukan?

Setiap orang yang mencari informasi mengenai nasi goreng, pasti akan memasukan kata kunci utamanya, yaitu nasi goreng. Namun tidak semua orang yang mencari informasi tentang nasi goreng itu akan mencari cara membuat nasi goreng. bisa jadi ada orang yang hanya membutuhkan resep nasi goreng, atau bahan nasi goreng.

Cara Menyimpan Kata Kunci Pada Artikel

Dari beberapa sumber yang saya baca dan pelajari, ada yang menyebutkan bahwa menyimpan kata kunci pada paragraf pertama itu tidak dianjurkan, dan menyimpan kata kunci pada paragraf kedua atau ketiga lebih dianjurkan.

Dalam pengalaman saya, sebenarnya sih tidak masalah menyimpan kata kunci pada paragraf pertama, yang penting kesimpulan dari kata kunci tersebut terletak ditengah atau diakhir artikel.

Yang perlu dihindari dalam menempatkan kata kunci di artikel adalah hampir setiap baris kalimat itu mengandung kata kunci. Apa bila anda secara sengaja menyimpan kata kunci dengan tujuan spam, maka yang ada bukan artikel anda muncul dihalaman pertama, melainkan artikel akan deindex karena dianggap spam.

Saya sendiri ketika membuat artikel di blog ini selalu berusaha menempatkan kata kunci secara alami, tanpa niatan melakukan spam. Dan percayalah, semakin sering anda membuat artikel, semakin sering anda mempelajari kata kunci, semakin paham juga tentang bagaimana cara menyimpan kata kunci yang tepat pada artikel.

Sebagai contoh, saya membuat sebuah artikel "cara membuat pop up blogger". Artikel itu saya publikasikan pada tanggal 8 Maret 2022. Namun meski artikel itu terbilang baru di upload, tapi artikel tersebut sudah bisa masuk halaman pertama mesin pencarian (page one) dan sudah bisa bersaing dengan blog lain.

Ini bisa saya lakukan dengan terus berusaha membuat artkel seoriginal mungkin, dan tanpa melakukan spam kata kunci pada setiap artikel.

Jenis Kata Kunci

Pada umunya, sebagian besar blogger pasti pernah mencari informasi tentang jenis kata kunci, dan jenis kata kunci yang paling dikenal adalah short tail keyword dan long tail keyword.

Short tail keyword adalah sebuah kata kunci yang dibuat dengan menggunakan 2 sampai 3 kata saja, contohnya adalah resep nasgor atau cara buat nasgor.

Long tail keyword adalah jenis kata kunci yang menggunakan banyak kata dengan menyisipkan kata kunci utama pada bagian depan, tengah, atau belakang. Contohnya, resep nasi goreng kecap, atau Tips racik bumbu nasi goreng agar enak, dan atau apa rahasia bumbu nasi goreng lezat.

Kata yang saya garis bawahi diatas menandakan posisi penempatan kata kunci utama. Penempatan kata kunci tersebut bisa di depan, ditengah, atau dibelakang, dan anda bisa menempatkan kata kunci tersebut sesuai dengan gaya menulis anda.

Sebenanrnya masih ada jenis kata kunci lain seperti board keyword, branded keyword, transactional keyword, dan informational keyword. Namun dalam artikel ini saya hanya menjelaskan jenis kata kunci shor tail dan long tail.

Penempatan Kata Kunci Pada URL

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Setiap artikel yang anda publikasi di blog pasti akan memiliki URL, karena fungsi URL adalah untuk membawa orang masuk ke blog atau website anda.

Kata kunci pada URL sangat penting karena apabila anda tidak memasukan kata kunci pada URL, maka artikel anda bisa kalah saing dengan blog yang memasukan kata kunci pada URLnya.

Selain itu, apablia anda memasukan kata kunci pada URL, maka mesin google juga akan lebih mudah menemukan artikel yang anda buat, dan akan lebih mempercepat proses indexing.

Untuk membuat URL anda secara manual, maka anda tinggal masuk ke menu permalink, apabila anda menggunakan blogger.com.

Berbagi Pengalaman

Saya belajar ngeblog sejak tahun 2015, dan pernah mengalami fase kebingungan ketika mempelajari kata kunci. Dulu, saya selalu mencari artikel tentang kata kunci, dan selalu menerapkan apa yang diinformasikan dalam artikel yang saya baca.

Namun pada kenyataannya, untuk bisa memahami kata kunci ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Seperti yang sudah saya sebutkan diawal artikel bahwa semakin sering kita membuat artikel, semakin paham juga kita tentang kata kunci.

Satu lagi, meski anda sudah berusaha membuat artikel yang panjang dan mengikuti semua tutorial tentang kata kunci, anda belum tentu bisa menerapkannya 100% pada blog anda. Karena kenyataannya, kata kunci yang terlalu banyak ditulis malah akan menjadi spam dan dianggap buruk oleh mesin pencari.

Oleh karena itu, anda harus tetap belajar tentang kata kunci dan berusaha menempatkan kata kunci senatural mungkin pada artikel yang anda buat, ikuti gaya menulis anda dan gunakanlah kata kunci pada paragraf yang memang relevan.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar