Jenis Iklan yang Ada Pada Blog atau Website - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Jenis Iklan yang Ada Pada Blog atau Website

jenis iklan pada blog

Sadar atau tidak sadar, anda pasti pernah melihat iklan dalam sebuah blog atau website. Pada umunya iklan yang sering anda lihat adalah iklan dari Google AdSense yang merupakan jenis iklan PPC atau Pay per click.

Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa saja jenis-jenis iklan yang ada pada blog atau website, dan bagaimana memilih iklan yang paling bagus untuk dipasang di blog atau di website anda.

Perlu anda ketahui bahwa sebagian besar blogger memanfaatkan blognya untuk mencari penghasilan. Pengasilan yang didapat dari blog bisa berasal dari iklan, affiliasi, dan juga jualan.

Namun kebanyakan blogger lebih memilih untuk mencari penghasilan melalui iklan yang dipasang di blog, dan salah satu iklan yang paling populer dan hampir digunakan oleh semua blogger adalah iklan dari Google AdSense.

Mengapa kebanyakan blogger memilih iklan dari Google AdSense?

AdSense adalah sebuah layanan periklanan miliki Google, setiap blogger bisa menjadi publisher iklan dari Google AdSense apabila blognya telah memenuhi syarat untuk bisa menjadi publisher.

Alasan pertama mengapa kebanyakan blogger lebih memilih menggunakan layanan iklan dari Google AdSense adalah karena jenis iklan yang ditampilkan sangat relevan dengan konten yang ditampilkan pada sebuah blog.

Alasan kedua adalah harga iklan yang cukup tinggi (tergantung negara), alasan ketiga adalah mekanisme pembayaran yang jelas, dan alasan keempat adalah jenis iklan yang mudah dipasang pada blog.

Jenis Iklan yang Ada di blog atau Website

Saat ini jenis iklan yang bisa ditemukan pada blog sangatlah banyak, dan dibawah ini saya akan jelaskan jeni-jenis iklan yang paling sering dijumpai pada blog atau website.

1. Iklan Pay per click (PPC)

Iklan PPC adalah salah satu iklan yang paling sering dijumpai pada blog atau website. Iklan ini berbentuk banner, baik vertiklan, horizontal atau persegi empat yang dalam banner tersebut terdapat konten iklan.

Konten yang terdapat pada iklan PPC bisa bermacam-macam, tergantung dari pengiklan. Namun pada umumnya konten iklannya adalah berbentuk gambar atau tulisan.

Mekanisme kerja iklan PPC (pay per click) pada blog adalah setiap kali terjadi klik pada iklan, maka publisher iklan akan mendapatkan persentase penghasilan dari penyedia layanan iklan seperti AdSense.

Bila anda adalah publisher iklan Google AdSense, maka setiap kali anda mendapatkan penghasilan dari klik iklan, anda akan mendapatkan 68% publisher revenue share.

Beberapa contoh layanan iklan yang cukup populer di Indoensia diantaranya:

  1. AdSense
  2. MGID
  3. Chitika
  4. Adsterra
  5. Infolinks
  6. Feedify

Dari 6 layanan jenis iklan PPC diatas, yang paling sering dijumpai pada blog adalah iklan Google AdSense dan MGID.

Nah untuk anda yang tertarik mendaftarkan diri untuk menjadi publisher Google AdSense, maka silahkan baca artikel cara cepat diterima Google AdSense ini.

2. Iklan Cost per mille (CPM)

Cost per mille atau dalam Google AdSense disebut Cost per Impression adalah jenis iklan yang membayar per 1000 page views atau tampilan. Jenis iklan ini sangat cocok untuk blog atau website yang memiliki banyak trafik setiap harinya.

Namun meski blog anda memiliki trafik rendah, anda masih bisa mendapatkan penghasilan dari jenis iklan ini, hanya saja penghasilan yang didapatkan akan sangatlah kecil.

Beberapa layanan iklan CPM diantaranya adalah:

  1. Google AdSense
  2. MGID

3. Iklan Pay per post (PPP)

Jenis iklan ini sering disebut juga sebagai paid review. Iklan ini berbentuk postingan artikel pada blog yang isinya adalah review atau ulasan tentang apa saja yang ditentukan.

Untuk bisa mendapatkan iklan ini maka harus ada kerja sama antara pengiklan dan anda sebagai publisher. Iklan ini terbilang lebih menguntungkan karena harganya dihitung per postingan.

Namun, untuk mendapatkan iklan jenis PPP ini tentunya tidak mudah, karena tidak semua pengiklan dengan seenaknya memilih sebuah website atau blog sebagai publishernya. Ini dikarenakan ada kriteria tertentu yang wajib dimiliki sebuah blog agar bisa memasang iklan jenis PPP.

4. Iklan Cost per action (CPA)

Iklan jenis CPA adalah iklan yang akan memberikan bayaran ketika ada orang yang melakukan klik iklan dan mengikuti instruksi sesuai dengan apa yang ada pada iklan.

Pada umunya jenis CPA ini menyuruh orang yang melakukan klik untuk membeli barang atau mendaftar pada website tertentu. 

Iklan ini kurang diminati oleh sebagian blogger karena iklan jenis ini kurang disukai oleh pengunjung blog.

5. Iklan Pay per download (PPD)

Income yang dihasilkan dari iklan jenis pay per download ini terbilang kecil, karena anda akan mendapatkan bayaran apabila telah melewati 1000 download.

Blog jenis download MP3, download software, download game, dan download film, akan sangat cocok jika menggunakan iklan jenis ini.

6. Affiliasi

Affiliasi merupakan bentuk kerja sama antara pihak pengiklan dan anda sebagai publisher. Kerja sama ini hampir sama dengan iklan jenis cost per action, bedanya pembayaran dari affiliasi datang dari persentase penjualan produk.

Jenis kerja sama ini sangat disukai kebanyakan blogger karena sistem pembayrannya berupa komisi, yang mana apabila anda berhasil menjual 1 produk, maka anda bisa mendapatkan 50% dari total harga produk tersebut sebagai imbalannya.

7. Sponsor

Apablia blog anda memiliki trafik yang tinggi, maka anda bisa membuat sebuah slot banner iklan kosong yang ditujukan untuk calon pengiklan agar tertarik untuk bisa memasang iklan pada blog anda.

Biasanya iklan sponsor memiliki nilai tinggi dalam hal pembayaran, namun tidak semua pengiklan mau memasang iklannya pada blog karena pihak pengiklan benar-benar memperhitungkan kualitas sebuah blog untuk bisa dipasangi iklannya, mulai dari trafik dan kualitas konten yang ada pada blog.

Jenis Iklan Terbaik Untuk Blog

Setelah anda mengetahui jenis-jenis iklan pada blog atau website, maka selanjutnya tinggal menentukan manakah jenis iklan terbaik untuk blog anda.

Dari yang saya pelajari, hampir semua blogger memilih jenis iklan PPC atau pay per click seperti layanan Google AdSense dan MGID. Mungkin salah satu alasan kenapa kebanyak blogger lebih memilih jenis iklan ini karena cara kerjanya yang sederhana, yaitu memasang iklan, menunggu iklan di klik, dan mendapatkan bayaran.

Saya sendiri mengguanakan iklan PPC dari Google AdSense pada blog ini, dan saat ini hanya dari layanan Google AdSense saja. Namun tahukan anda bahwa sebenarnya dalam sebuah blog bisa memasang lebih dari 1 iklan.

Kombinasi jenis iklan yang sempurna pada blog adalah jenis iklan pay per click, dan affiliasi. Contohnya adalah anda memasang iklan dari Google AdSense, memasang iklan MGID, dan mengikuti program affiliasi.

Nah itulah penjelasan mengenai jenis iklan yang sering dijumpai pada blog atau website. Semoga artikel ini menjadi referensi bagi anda yang berniat memasang iklan terbaik pada blog anda.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar