Kelebihan Motherboard G41, Masih Enak Digunakan Sampai Sekarang? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Kelebihan Motherboard G41, Masih Enak Digunakan Sampai Sekarang?

mobo g41

Motherboard adalah salah satu perangkat keras utama dalam komputer. Fungsinya adalah sebagai papan induk yang menghubungkan semua perangkat keras sehingga terbentuklah sebuah sistem.

Umumnya perangkat keras yang terhubung langsung ke motherboard adalah Processor, RAM, Hard Disk, VGA External, SSD, dan lain-lain. Namun semakin hari, teknologi komputer semakin canggih, sehingga saat ini sudah hampir semua motherboard dengan chipset terbaru sudah bisa menggunakan SSD NVME yang memiliki kecepatan jauh melampaui Hard Disk, serta wifi yang sudah langsung terintegrasi dalam motherboard. 

Meski saat ini motherboard sudah semakin canggih, namun tahukah anda bahwa ada sebuah motherboard jadul yang masih banyak digunakan sampai saat ini, bahkan masih ada beberapa brand yang membuat motherboard ini.

Tahukah anda apa motherboard tersebut?

Ya, motherboard tersebut adalah motherboard dengan chipset G41 yang dibuat untuk motherboard intel. Motherboard dengan chipset G41 adalah sebuah motherboard yang sudah support processor yang memiliki 4 core dan 4 thread. Sehingga banyak orang yang masih menggunakan motherboard ini sampai saat ini, dan itu termasuk saya sendiri.

Kelebihan Motherboard Dengan Chipset G41

1. Support Processor 4 Core

Seperti yang sudah saya sampaikan sekilas pada bagian atas, motherboard ini sudah support processor yang memiliki 4 core dan 4 thread. Sehingga masih worth it untuk digunakan pada masa kini dan masa yang akan datang.

Salah satu seri processor yang populer dan sering digunakan orang untuk motherboard dengan chipset G41 adalah Core 2 Quad. Processor seri Core 2 Quad adalah processor yang sudah menggunakan jumlah inti sebanyak 4 buah, sehingga performa processor ini jauh lebih bagus dibandingkan seri Core 2 Duo yang hanya memiliki 2 inti saja.

Yang menjadi nilai lebih dari motherboard chipset G41 adalah bios dari motherboard ini bisa modifikasi, sehingga motherboard chipset G41 ini bisa digunakan untuk processor Xeon yang diperuntukan untuk komputer server.

Sebagai informasi, saya menggunakan processor Xeon X5460 yang merupakan seri tinggi untuk motherboard server dengan socket LGA 771. Namun karena bios dari motherboard G41 bisa dimodifikasi, maka saya bisa menggunakan processor Xeon ini pada motherboard G41 yang memiliki socket LGA 775.

Mengapa saya memilih menggunakan processor Xeon X5460, alasannya karena processor ini hampir setara dengan processor Core i5 seri sandy bridge dan ivy brideg. Sehingga processor ini masih sangat worth it untuk digunakan jika dilihat dari segi performa.

2. Support RAM DDR3

Motherboard dengan chipset G41 sudah support RAM DDR3, sehingga performa yang akan diberikan dalam sistem akan lebih unggul dibandingkan dengan motherboard yang masih menggunakan RAM DDR2.

Salah satu kelebihan motherboard G41 pada bagian RAM adalah sudah mendukung kecepatan 1333, dan kecepatannya masih bisa ditingkatkan lagi dengan cara dioverclock.

Selain itu, kapasitas RAM dari motherboar yang berchipset G41 terbilang cukup besar. Pada umumnya motherboard G41 memberikan kapasitas RAM mulai dari 4GB, 8GB, hingga 16Gb.

3. Sudah Menggunakan PCI-E 2.0

PCI-E 2.0 adalah slot PCI Express generasi kedua yang sudah memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan PCI-E 1.0. VGA yang menggunakan memory DDR3 akan bisa mengeluarkan semua kemampuannya ketika digunakan di PCI-E 2.0.

Saat ini motherboard terbaru sudah menggunakan PCI-E 4.0 bahkan 5.0, sehingga kecepatan VGA akan lebih bagus dan VGA yang digunakanpun sudah bisa menggunakan DDR5 dan DDR6.

4. Bios Bisa Dimodifikasi

Sebenarnya tidak semua motherboard G41 bisa dimodifikasi biosnya, salah satu contohnya adalah motherboard G41 yang diperuntukan untuk komputer build-up. Biasanya motherboard build-ub membatasi akses tertentu pada bios, sehingga kebanyakan motherboard build up tidak bisa melakukan overclock atau memodifikasi bios.

Namun beruntungnya ada sebagian brand yang memberikan akses overclok dan modifikasi (update) bios. Sehingga meski motherboard G41 terkesan jadul, namun tetap bisa digunakan sampai saat ini karena masih bisa memberikan performa yang bagus.

5. Support Overclok

Saya pernah membuat artikel yang membahas tentang overclock processor di motherboard G41, silahkan baca cara overclock Xeon X5460. 

Salah satu kelebihan motherboard yang menggunakan chipset G41 adalah adanya akses overclock RAM dan processor. Dengan adanya fitur ini maka kita bisa menaikan performa processor menjadi lebih tinggi, sehingga performa sistem akan lebih tinggi.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua brand yang mengeluarkan motherboard G41 itu memberikan akses overclock, sehingga apabila anda ingin menggunakan motherboard chipset G41 maka anda harus memastikan brand mana yang memberikan akses overclock.

Kekurangan Motherboard G41

Meski motherboard chipset G41 memiliki banyak kelebihan, namun tentu juga memiliki kekurangan apablia digunakan pada saat ini. Kekurangan tersebut diantaranya adalah belum support PCI-E 3.0, belum support processor 4 core dan 8 thread, belum support SATA 3, dan kebanyakan processor 4 core dari motherboard ini memiliki TDP yang cukup besar.

Apakah motherboard G41 ini masih worth it digunakan saat ini sampai masa mendatanga?

Sebenarnya itu tergantung anda sendiri, apablia anda menginginkan komputer dengan spesifikasi mempuni, maka tentu anda harus mengeluarkan budget lebih. Sedangkan bila anda menginginkan komputer dengan spesifikasi Core i5, maka anda bisa menggunakan motherboard G41 karena harganya yang murah.

Sebagai bahan referensi yang lebih lengkap, silahkan anda baca artikel worth it kah Asrock G41M-VS3 untuk digunakan pada saat ini.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar