Minimnya Komunitas Blogger di Garut - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Minimnya Komunitas Blogger di Garut

komunitas blogger

Salah satu pertanyaan yang selalu muncul dalam benak saya adalah apa di Garut ada komunitas blogger. Selain itu saya juga sering mencari informasi mengenai komunitas blogger di Garut baik di Google atau di media sosial, namun hasilnya selalu nihil.

Sebagai seorang blogger yang berasal dari Garut, rasanya ingin sekali bisa kopdar bersama komunitas blogger yang ada di garut. Namun sampai saat ini saya belum melihat ada komunitas yang benar-benar ramai.

Sebenarnya ada juga sih beberapa grup di facebook yang memiliki nama komunitas blogger Garut. Namun sayangnya ada grup yang bersifat privat dan ada juga yang sepi tidak aktifitas, seperti tidak ada postingan dari adminnya atau anggotanya.

Sungguh disayangkan sih, tapi semoga dengan adanya artikel ini para blogger Garut mau merapat, membuat komunitas yang terbuka bagi semua orang yang berkecimpung di dunia blogging.

Mengapa saya mencari komunitas blogger?

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya kenal dengan dunia blogging sekitar tahun 2015, dan mulai serius ngeblog sekitar tahun 2019. Dari tahun 2015 sampai sekarang, ilmu blogging yang saya dapatkan semua berasal dari tutorial yang ada di internet atau bisa dibilang otodidak. 

Terkadang ada beberapa hal rumit yang sebenarnya lebih enak jika diselesaikan dengan cara konsultasi. Namun karena tidak adanya komunitas, akhirnya saya harus berusaha mencari solusi sendiri dengan cara terus melakukan experimen hingga hal rumit tersebut bisa diselesaikan.

Sedikit Cerita Tentang Komunitas Blogger

Saat saya pertama mengenal blogger, maka saya putuskan untuk membuat sebuah blog dari blogger.com. Saat itu saya benar-benar sangat pemula dan hanya bisa berusaha mencari tutorial blogging lewat blog lain.

Karena merasa bahwa ilmu yang saya dapatkan masih kurang, maka saya putuskan untuk mencari sebuah komunitas blogger di sosial media facebook. Saat itu saya menemukan sebuah grup yang memiliki banyak anggota dan grupnya sangat aktif.

Di grup tersebut saya sering bertanya banyak hal kepada blogger lain mengenai blog yang saya buat, mulai dari halaman apa saja yang harus dibuat, sampai hal-hal yang cukup rumit lainnya.

Saya senang masuk grup tersebut karena respon anggota blogger lain begitu bagus, sehingga saya merasa punya teman blogger untuk diajak diskusi apabila menemukan kendala pada blog.

Namun dalam grup komunitas yang besar tentu ada juga blogger yang nakal dan membuat saya sangat marah serta malas ngeblog. Blogger nakal tersebut adalah orang-orang yang malas membuat artikel, sehingga mereka melakukan AGC pada blog saya.

AGC atau auto generating content adalah bentuk copy paste yang sangat menjengkelkan. Karena dengan AGC, maka setiap kali blog saya mempublish artikel maka secara otomatis artikel tersebut akan tampil juga di blognya. Namun seiring berjalannya waktu, saya pun bisa mengatasi AGC tersebut secara perlahan.

Akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari grup blogger tersebut dan membuat blog baru yaitu blog ini. 

Semoga Cepat Ada Komunitas Blogger Garut

Harapan saya semoga dengan adanya artikel ini maka para blogger Garut bisa membuat sebuah komunitas yang bisa menjadi wadah atau forum diskusi bagi para blogger di daerah Garut khusushnya.

Manfaat adanya sebuah komunitas blogger adalah selain bisa saling bertukar informasi mengenai dunia blogging, kita juga bisa bertukar backlink dan bisa ngobrol santai sambil ngopi sembari bertukar pikiran mengenai cara membuat blog kita menjadi blog besar yang dikunjungi jutaan orang perbulannya.

Mengapa Saya Tidak Membuat Komunitas Blogger Garut?

Ilmu blogging saya masih sangat jauh dari kata jago dalam dunia perbloggingan. Apa lagi jika tentang SEO, haduhh jujur belum bisa. Itulah yang menyebabkan saya tidak mau membuat sebuah komunitas yang saya ketuai, karena seorang pembuat komunitas harus memahami materi yang dibahas dalam komunitasnya.

Namun apabila dalam waktu satu atau dua tahun kedepan masih tidak ada komunitas blogger Garut, maka mungkin saja saya akan membuat komunitas tersebut, meskipun saya tidak yakin akan banyak yang mengikuti karena ilmu blogging saya masih sangat dangkal.

Penutup

Artikel ini sengaja saya masukan ke label Admin Pick karena merupakan curahan hati saya yang galau karena sulit menemukan teman sesama blogger di Garut. 

Besar harapan saya jika di Garut ada sebuah komunitas blogger yang terbuka dan bisa menjadi wadah bagi para blogger garut. Selain itu, komunitas ini juga bisa bergerak dibidang literasi dengan tujuan mengarahkan anak muda zaman now untuk menyalurkan hobi menulis sekaligus berpenghasilan dari blog.

Nah itulah tulisan saya mengenai minimnya komunitas blogger di Garut, semoga bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. Balasan
    1. Mantap kang, gaskeun blogger Garut

      Hapus
    2. Hoyong ngiring belajang kang, viewer awon wae :(

      Hapus
    3. Nu saleresna mah abi nu kedah ngiring belajar ka akang, keren pisan blog na kang inputekno,com

      Hapus