7 Unsur Penting Dalam Blog Yang Harus Diketahui Seorang Blogger - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

7 Unsur Penting Dalam Blog Yang Harus Diketahui Seorang Blogger

unsur pada blog

Menjadi seorang blogger tidak cukup hanya mempelajari tentang cara membuat blog muncul di google, cara membuat artikel berkualitas, dan cara membuat blog banyak pengunjung.

Kebanyakan blogger pemula sering lupa mempelajari unsur-unsur yang memiliki peran penting dalam blog, sehingga tidak jarang seorang blogger yang belajar secara otodidak, itu bisa memahami SEO dengan bagus, Namun terkadang tidak paham cara menyelesaikan masalah dasar yang lebih mudah dari SEO.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 7 unsur penting dalam blog yang wajib diketahui oleh seorang blogger.

Apa unsur penting dalam blog?

Dalam blog terdapat banyak unsur yang wajib diketahui oleh pengelola blog agar paham cara mengatasi masalah dalam blog, dan juga dapat mengoptimalkan blog agar menjadi blog terbaik.

Berikuti ini 7 unsur penting dalam blog.

1. Flatform

Dalam dunia blogging, ada banyak flatform yang bisa dipilih. Yang paling populer di Indonesia adalah blogger.com dan Wordpress.com atau Wordpress.org.

Flatform blog menjadi salah satu unsur penting ketika anda ingin mulai terjun ke dalam dunia blogging. Dan berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, kebanyakan blogger merekomendasikan untuk menggunakan wordpress.org.

Namun saya sendiri memilih flatform blogger.com untuk blog ini. Alasannya adalah saya masih berada pada tahap belajar ngeblog dan tidak ingin terlalu mengeluarkan biaya besar untuk membeli hosting.

Tapi saya juga berencana membuat blog dengan menggunakan wordpress.org karena blogger.com memiliki keterbatasan dalam pengoptimalan blog. Sekedar informasi bahwa wordpress.org memiliki opsi plugin yang memungkinkan blog anda bisa lebih SEO dan kompetitif, sedangkan blogger.com hanya bisa dipotimasi secara manual.

Anda bisa memahami perbedaan 2 flatform tersebut di artikel perbedaan Blogger.com, Wordpress.com dan Wordpress.org. Setelah anda menentukan pilihan maka anda sudah mengetahui satu unsur penting dalam blog.

2. Dasar HTML

Khusuh untuk pengguna blogger.com, jika anda membuat blog dengan menggunakan flatform blogger.com, maka anda wajib tau dasar HTML, karena blogger.com menggunakan bahasa pemrograman html, sedangkan wordpress menggunakan PHP dan MySQL.

Tema atau template pada blogger.com menggunakan kode HTML, sehingga ketika anda tidak mengetahui dasar kode HTML, maka anda akan menemukan kesulitan ketiak mengotak-atik template blog, atau ketika anda ingin memasukan kode tertentu kedalam blog anda.

Sebenarnya saya sendiri tidak memahami kode HTML secara lengkap, namun sampai saat ini saya masih tetap belajar secara otodidak, sehingga bisa memodifikasi template viomagz versi jadul menjadi tetap bagus dan tetap amah SEO.

3. Domain

Setiap flatform sudah menyediakan domain secara gratis ketika kita membuat blog. Namun domain tersebut biasanya memiliki subdomain, contohnya jika anda membuat blog di blogger.com maka domain akan menjadi www.bloganda.blogspot.com, dan saat anda menggunakan platform Wordpress.com, maka anda akan mendapatkan domain www.bloganda.wordpress.com.

Agar blog anda lebih terlihat profesional, maka sebaiknya anda membeli domain sendiri dari website penyedia layanan domain dan hosting. Anda bisa membeli domain saha dengan harga bermacam-macam. Dan apabila anda ingin menggunakan domain murah, maka anda bisa membeli domain .web.id atau .my.id.

Tenang saja, domain murah dengan subdomain sudah terbukti bisa menjadi publisher Google AdSense. Untuk lebih memahami tentang domain murah .my.id, anda bisa membacanya di artikel apa domain murah bisa diterima Google AdSense?.

4. Halaman Navigasi

Unsur penting keempat yang perlu anda ketahui dalam blog adalah halaman navigasi. Halaman navigasi berfungsi menjadi navigator bagi pengunjung blog, sehingga pengunjung tidak akan tersesat saat mencari informasi mengenai blog anda.

Secara umum ada 6 halaman navigasi yang biasanya terdapat dalam blog, yaitu halaman About, halaman Contact, halaman Disclaimer, halaman Privacy Police, halaman Term of Service dan halaman sitemap.

Namun saya sendiri hanya menggunakan 5 halaman navigasi pada blog ini, dan tidak menggunakan term of service.

Halaman about biasanya berisi informasi mengenai blog atau pemilik blog, selain itu halaman about juga biasanya memberikan informasi tentang apa tema pembahasan yang diangkat pada blog tersebut.

Halaman Contact biasanya hanya berisi sebuah form yang memungkinkan orang lain untuk menghubungi anda lewat email melalui pengisian data dan pertanyaan pada form tersebut.

Halaman Disclaimer biasanya berisi materi disclaimer pada setiap konten di blog anda. Biasanya halaman ini dibuat untuk menghindarkan penulis blog dari tanggung jawab akan kesalahan yang dilakukan pengunjung ketika salah atau kurang tepat mengikuti instrukis yang diberikan pada artikel.

Halaman Privacy Police berfungsi untuk memberitahu terhadap pengguna terkait informasi apa saja yang pemilik blog kumpulkan dari websitenya. Selain itu halaman ini berfungsi untuk mengetahui siapa saja yang memiliki akses kedalam blog.

Halaman Sitemap biasanya berisi daftar tabel konten yang menampilkan semua konten pada blog anda. Namun entah kenapa untuk saat ini saya tidak berani menampilkan halaman tersebut karena merasa kurang aman, dan sebagai penggantinya, saya mengubah isi halaman sitemap dengan sebuah banner bertuliskan Sitemap.

5. Konten

Unsur utama dan paling penting yang harus anda pahami adalah konten. Blog bisa terbagi menjadi beberapa jenis, ada blog informatif, blog promosi, blog anime (video), dan masih banyak lagi jenis blog yang bisa anda temui.

Anda harus tahu terlebih dahulu jenis blog apa yang akan anda buat, sehingga anda akan lebih mudah untuk menentukan konten dalam blog anda.

Pada umunya konten pada blog ada 3, yaitu konten artikel atau tulisan, konten foto atau gambar, dan konten video atau film. Nah jika anda membuat blog dengan tujuan memberikan informasi yang dibutuhkan orang lain, maka anda harus belajar cara membuat artikel berkualitas di blog. 

6. Template

Tema atau template adalah sebuah pembungkus tampilan pada blog, semakin bagus tampilan sebuah blog, semakin disukai pengunjung juga. Namun yang harus anda pahami saat ini adalah tidak semua template bisa anda gunakan pada blog.

Saat ini, mesin pencarian goole telah memperhitungkan kecepatan loading sebuah blog untuk bisa masuk kekategori SEO friendly, itu artinya template yang membuat blog anda lemot harus anda skip dan tidak pernah pasang.

Selain itu saat ini sebagian besar pengguna internet datang dari mobile phone atau smartphone. Sehingga apabila blog anda ingin bisa bersaing dengan blog lain, maka anda wajib menggunakan template yang sudah mobile friendly.

7. Blogger (pengelola blog)

Di Indonesia, blog tidak diajarkan dibangku sekolah, sehingga kebanyakan blogger belajar dari internet atau dari buku. Nah untuk bisa menjadi seorang blogger sukses, maka anda harus bisa menerapkan disiplin dan pantang menyerah.

Sebagian besar orang menganggap menjadi blogger itu bisa mendatangkan kesuksesan dengan cepat. Namun dalam faktanya, untuk bisa sukses dari ngeblog itu tidak semudah mebalikan telapak tanga. Anda perlu berjuang, terus belajar dan harus punya rasa tidak puas dengan ilmu yang dimiliki untuk bisa menjadi seorang blogger sukses.

Pada dasarnya semua blogger pasti ingin blognya menjadi salah satu blog besar yang dikunjungi jutaan orang perhari. Semua itu akan tercapai apablia kita sudah memahami blog dari a sampai z. Dan untuk bisa memahami hal tersebut itu tidak bisa secara instan, kita harus belajar dan terus menggali hal-hal baru yang berkaitan dengan blog, sehingga sembari kita membangun blog, kita juga mendapatkan ilmu baru yang akan membawa kita ke jalan sukses.

Artikel ini dibuat berdasarkan persepsi saya sendiri dan tanpa mereferensi dari website atau artikel manapun. Sehingga apabila menurut anda unsur penting dalam blog ini ada yang kurang, maka silahkan tambahkan dikolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar